Skip to main content

Penjelasan Dokter Tentang penyakit asma dan obat manjurnya!!

Ahli kedokteran asma cantik

Asma (Asthma) ialah penyakit yang dapat ditemukan hampir diseluruh penjuruh sudut dunia.
Mungkin sahabat pembaca Dewan post ada yang pernah kan orang yg tiba-tiba sesak napas saat berada dalam keramaian atau pada saat udara dingin.
Bisa jadi orang tersebut terkena serangan asma. Penyakit Asma termasuk dalam kelompok lima besar penyakit pembunuh utama didunia.



Penjelasan Tentang penyakit Asma!!

Asma berasal dari bahasa yunani Asthma yang artinya "sulit bernapas".
Secara umum,asma didefinisikan sebagai suatu penyakit penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi atau hipersentivitas terhadap rangsangan tertentu.
Sahabat Basimah  yang gemar membaca seperti kita ketahui bersama,saluran pernapasan manusia berawal dari rongga hidung. Dari rongga hidung, udara yang masuk kemudian diteruskan ke pangkal tenggorokan/Laring, batang tenggorokan/trakhea, lalu masuk ke bronkus ialah suatu cabang trakhea yang bermuara didalam paru-paru.
Di dalam paru-paru, bronkus akan bercabang-cabang lagi menjadi  saluran-saluran yang makin lama makin kecil sampai 23kali dan berujung di alveolus, tempat terjadinya pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida.
Apabila saluran pernapasan mengalami penyempitan,proses pertukaran udara didalam paru-paru akan terhambat. Akibatnya,penderita asma akan mengalami sesak napas.

Apasih penyebab Asma Basimah 85.com???

Tidak sedikit dari ahli kesehatan berpendapat bahwa sebagian besar penderita asma dipicu oleh adanya alergi atau hipersensitivitas terhadap rangsangan tertentu. Apabila seorang penderita asma terpapar oleh rangsangan tersebut, saluran pernapasannya akan memberikan reaksi yg kemudianmemicu terjadinya serangan asma.
Beberapa alergen yang dapat memicu terjadinya serangan asma antara lain :
~ Asap rokok
~ kutu debu
~ Rambut binatang dan serpihan kulit binatang yang kering
~ serbuk sari
~ suhu lingkungan
~ makanan
~ Obat-obatan
~ Bahan kimia beraroma kuat
~ Olahraga
"Aktivitas olahraga yg terlalu berat juga dapat memicu munculnya gejala asma.



Bagaimanakah Gejala-gejala serangan asma ya??

~ Frekuensi munculnya serangan asma sangat bervariasi, serangan asma dapat muncul dalam waktu beberapa menit hingga beberapa hari. serangan asma juga hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu terutama saat penderita terpapar dengan alergen.
Selain frekuensi kemunculan yang bervariasi,berat-ringannya serangan asma juga bermacam-macam. Seseorang dapat mengalami serangan asma ringan hingga berat. Berikut ini loh adalah gejala-gejala umum yg dijumpai pada penderita saat terjadi serangan asma.

~ Batuk
~ Mengi merupakan gangguan pernapasan yg ditandai bunyi ngik-ngik saat bernapas.
~ Sesak napas
Gejala tersebut biasanya pada pagi hari menjelang subhu. Hal ini karena pengaruh rendahnya kadar hormon kortisol saat pagi hari. Akan tetapi, tidak semua penderita mengalami gejala-gejala tersebut. pada suatu waktu, penderita mungkin mengalami serangan ringan yg bisa diabaikan. Namun, pada waktu lain, penderita mungkin mengalami serangan yg berat hingga mengakibatkan penderita kehabisan napas.

Bagaimanakah Cara mengobati penyakit asma??

rasanya tidak afdol/berkah jika kala belum memberikan solusi nya, semoga manjur ya "Tujuh jurus ampuh untuk mengatasi penyakit asma" sebagai berikut :

~ Penyuluhan (edukasi)
terutama ditunjukan kepada penderita dan keluarganya.
Dengan demikian, mereka dapat mengetahui seluk-beluk penyakit asma dan bisa mengani penyakit asma dengan cara yg tepat.

~ Mengenal obat-obatan Asma.
Agar dapat melakukan penanganan yg tepat saat terjadi serangan asma, kita harus mengenal obat-obatan asma baik jenis,kegunaan maupun efek sampingnya. Pada dasarnya ya,obat-obatan asma dibedakan menjadi dua jenis, obat untuk jangka pendek dan obat untuk jangak panjang.
Obat jangka pendek dimanfaatkan untuk menghentikan serangan asma dengan segera.
Obat jangka pendek penyakit asma :
~salbuterol albulator
~metraproterenol
~terbutaline
~procaterol.

obat jangka panjang penyakit asma :
~kortikosteroid
~cromoglycate
~nedcromil
~leukotrien.
Dari jenis obat-obatan tersebut banyak digunakan dikarenakan kerjanya cepat,dosisnya rendah,dan efek sampingnya kecil meskipun digunakan dalam jangka panjang.

~ Mengobati dan mengola penyakit asma
"pengobatan penyakit asma dilakukan baik saat mengalami serangan maupun diluar serangan. Saat diluar serangan,pengelolaan asma dilakukan dengan pengobatan pencegahan dan olahraga. Olahraga yg ringan dan teratur dapat meningkatkan kesehatan serta fungsi paru-paru, sehingga gejala serangan asma dapat diminimalkan.

~ Memahami Faktor-faktor pemicu serangan asma.

~ Membuat rencana darurat.
~ Rehabilitasi dan peningkatan kebugaran jasmani.
~ Memantau perkembangan penyakit asma secara teratur.
"Dengan melakukan konsultasi kedokter secara teratur,penderita dapat menjadikannya sebagai sarana evaluasi
untuk mengetahui keadaan penyakit yg diderita. Sebagai contoh, dokter dapat menilai apakah obat yg dikonsumsi perlu ditambah,dikurangi,diganti atau bahkan dihentikan.

Baikhlah sobat Basimah 85.com yg membaca dan memahami secara baik dari artikel ini, semoga sangat bermanfaat ya dikehidupan kalian ya
"Share ya"
Semoga upaya ini menjadi Amal shalih kita semua yang diterima disisi Allah swt.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar