Skip to main content

Tubuh mudah lelah,simak 5 faktor penyebabnya

Kenapa sih badan sering lelah/capek padahal makan dan minum tercukupi dan tidur sudah tercukupi??
Kenapa ya dokter basimah????

Pembahasan singkat detail :

Badan terasa lelah dalam mengarungi aktivitas sehari-hari bahkan semangat pun kendur nggak bergairah mungkin kalian(pembaca) sudah meengecek kondisi tubuh ke dokter sampai-sampai mengecek ke laboratorium dan ternyata hasilnya normal saja.

Sehinngga kalian mikir, apa sih penyebabnya?


Kelelahan


Berikut dokter menjelaskan 5 penyebab yang mengakibatkan keseharian tubuh anda meraskan lelah

1 .Kurang istirahat terkadang tidak sadar diri.

pernah masa sekolah kan??
disekolah kita pernah belajar dan membahas tentang tidur yang baik sekitar 6-8 jam, namun pada kenyataan nya banyak dari kita semua yang sekrang masuk usia kerja atau pun masuk usia sekolah/kuliah itu tidurnya tidak cukup(bener nggak?) atau istirahatnya tidak cukup.

kalo saya sih sebagai penulis artikel terkadang tidur hanya 5 jam terkddang juga lebih parah hanya tidur  3jam saja,itu sangat menyedihkan bukan???
tapi saya ada tips sedikit yang mengalami tidur kurang cukup ialah dengan cara jaga kesehatan kalian dengan mengkonsumsi makanan sehat dan suplemen dan jangan lupa luangkan waktu untuk olahraga..

Bertanya : Biungung nih pdahal sudah tidur 8-10 jam tapi kenapa badan lemas dan merasakan lelah sehingga keseharian saya tidak fokus kerjanya  cuma menguap,pengen tidur rsanya dok?

Unutk yang bertanya seperti itu,coba ya merenung ingat kembali bagaiman kualitas tidur kalian..
saya terangkan secara rangkum :
Bahwa tidur itu dibagi 2 fase pertama ada tidur 
~light sleep 
~deep sleep
Kemungkinan kalian tidur tidak bisa masuk dalam fase tidur deep sleep atau tidur yang nyeyak/dalam.

Sehingga itu sangat penting untuk regrenerasi sel untuk pertumbuhan sel  atau untuk pertumbuhan sel-sel baru.

note tips : untuk terutama kalian semua yang menggunakan pikiran banyak dalam hal perkerjaan itu sangat membutuhkan kualitas tidur yang baik.
sehingga saran saya sedikit ialah kalian yang tidurnya tidak baik atau tidak berkualiatas anda cobalah berolahraga dipagi hari,coba luangkan waktu ,u itu, yang kedua cobalah terapi akupuntur coba jangan dulu mengkonsumsi obat tidur karna nanti anda akan mengalami ketergantungan.

Yang sehingga jika tidak minum obat tidur tersebut anda akan tidak bisa tidur lagi..

2. Kurang nutrisi atau kurang gizi

bisanya itu terjadi pada orang yang seddang diet super ketat?? nah siapa sih(para pembaca) yang sedang mengalami program tersebut??

yang terutama untuk menurunkan berat badan yang meurut dia tidak ideal.
Biasanya nafsu mereka makan itu ada tapi berusaha untuk nggak makan atau di tahan nya yang akhirnya asupan gizi,kalori  tu akan berkurang jauh.

Jadi sebenrnya program diet yang baik adalah mengurangi sedikit jumlah kalori harian tapi tetap mengkonsumsi baik itu zat gizi makro maupun zat gizi mikrro.
Benar nggak??? 
kebanyakan orang melakukan program diet untuk penurunan program diet badan yang dilakukan adalah tidak makan sama sekali atau hanya makan sedkit bahkan hanya makan 1 buah apel saja  atau hanya makan dari asupan suplemen saja sehingga akan mengalami yang sudah saya jelaskan diatas..

Note tips : sel tubuh kita membutuhkan makanan,dan seluruh sistem ditubuh kita baik itu hormonal kemudian enzim itu semua bahan dasrnya adalah zat-zat gizi dari makanan jadi kalau anda tidak memberikan makanan yang cukup akhirnya tidak bisa dibentuk dengan baik.
Dan hasilnya anda kana mengalami lelah sepanjang hari.

Adalagi salah satu tips untuk yang sering lelah,sering pusing dan ada yang meraskan kunang-kunang atau ada yang bilang mutar-mutar penglihatannya cobalah anda cek ,anda ke depan cermin terus anda lihat dibawah mata anda yang dalam bahasa medis disebut KONJUNGTIVA apakah warnanya merah atau pucat cobalah bandingkan dengan teman anda yang masih segar yang tidak lelah setiap harinya.

Kemudian cara yang kedua adalah anda bisa cek dibawah kuku,cobalah bandingkan kembali dengan teman anda yang normal,itu khusus tpis buat anda yang merasa lelah setiap hari ya silahkan cek bandingkan dengan teeman anda yang normal.

Misalnya nih,kalau kondisi kuku kalian pucat,konungtiva anda pucat apalagi bibir kalian pucat bisa jadi anda sedang mengalami yang namanya Anemia atau kekurangan hemoglobin yang dimana zat itu berperan penting untuk membawa oksigen ke otak jikalau itu kurang jelas saja anda akan mengalami lelah sepanjang hari karena tubuh anda kekurangan oksigen terutama bagian otak.

Kemudian ada lagi buat anda semua yang sekarang masih ngekost biasanya cuma nasi putih kemudian campur mie dan tidak jarang lupa kerupuk yang dimana dengan alasan sedang hemat heheh
Tapi kalaua anda mengkonsumsi makanan itu yang seperti ini dalam jangka waktu yang lama akhirnya tubuh anda akan kekurangan zat gizi yang lainnya.
Terutama proteinuntuk pembangun sel tubuh anda.

3. Dehidrasi

Yang dimaksud kan ialah kekuranmgan cairan biasnya kalau buat anda semua yang sering ke bandar itu pada saat ke toilet itu akan ada derajat warna air seni anda yang dimana dimulai dari jernih, kearah kuning pekat.

Nah ini juga anda perhatikan kenapa dehidrasi bisa menyebabkan tubuh kita menjadi lelah sehingga tubuh kalian itu membutuhkan cairan untuk menjaga sistem sirkulasi agar berjalan dengan baik.
Jadi darah ditubuh kita itu sebagian besar cairan bahkan 70% tubuh kita terdiri cairan,jadi kalau kekurangan cairan otomotasi sistemnya tidak dapat berjalan dengan baik.

Kalau sirkulasi itu berjalan baik maka akhirnya pengakutan oksigen ke otak anda,pengakatan nutrisi untuk sel-sel juga akan terhambat.
JADI itulah penyebab kenapa anda jadi lelah sepanjang hari.

Misal kita ditanya,berapa dosis air minum yang saya butuhkan?

Nah dosis cairan yang anda butuhkan adalah amda bisa mengkalikan berat badan anda
 dikalilkan 40 cc atau 40 mL
trifikAontoh jikalau berat badan anda 50kg dikali 40 akhirnya ketemu angkanya 2000 c atau kurang lebih 2 liter.


4.   Aktivitas fisik yang terlalu berat.

Baiklah aktifitas fisik yang terlalu berat ini juga dapat membuat anda kelelahan ke esokan harinya.
Mungkin (benar kan??) anda yang membaca tidak pernah/jarang olahraga tiba-tiba hari ini anda ikut lomba lari jarak jauh yang dimana otomatis,Besok sampai seminggu kemudian badan anda akan sakit semua badan anda akan merasa lelah( iya nggak???)
Jadi buat kalian yang ingin melakukan olahraga sebaiknya bertahap atau anda sekarang yang setiap hari harus melakukan pekerjaan atau aktifitas fisik yamg berlebihan.

Cobalah anda kurangi sedikit aktifitas tersebut,dan nilai diri anda sendiri seberapa mampu tubub anda dalam menghadapi aktifitas tersebut.
Dan saya ingatkan sekali lagi cobalah nomor satukan istirahat yang cuklup ya.

5. Stress yang berlebihan.

Singkat : Jadi stress ini kalau dosisnya kecil kadarnya kecil itu baik untuk pertumbuhan diri kita untuk perkembangan diri kita yang dimana utnuk menjadi dewasa.
Tapi kalau stressnya sudah berat dan dalam jangka waktu yang lama ini juga akan merusak sistem dalam tubuh kita,baik itu sistem hormonalatau sistem imun yang akhirnya tubuh anda pun akan mengalami kelelahan.

Note saran : coba imbangi antara kerjaan anda dengan istirahat dan refreshing

Sumber : Dr.sungadi santoso

Terima kasih


       
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar