Skip to main content

7 Tips Memilih Penulis Artikel Supaya Website Dan Blog Banyak Pengunjung

7 Tips Memilih Penulis Artikel Supaya Website Banyak Pengunjung.

Tips memilih penulis

Bukankah merekrut penulis konten adalah hal yang sangat mudah? Sebagian pihak mungkin berpikir tips memilih penulis artikel bukanlah hal yang perlu mendapatkan perhatian secara serius. Padahal, salah dalam hiring penulis untuk mengisi website Anda dapat berakibat cukup fatal terhadap usaha tersebut. Seperti apa karakteristik penulis yang baik?

Kriteria Penulis Artikel Konten Yang Baik

Sebenarnya, seperti apa sih kriteria penulis artikel yang pas untuk direkrut? Ada beberapa kualitas yang sebaiknya dimiliki oleh penulis konten, antara lain :

1. Menguasai Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dengan Baik

Banyak yang berpikir bahwa penulis artikel itu profesi penulis yang tidak perlu menguasai EYD yang baik dan benar. Padahal, jenis tulisan apa pun tetap membutuhkan penulisan sesuai dengan KBBI untuk melestarikan Bahasa Indonesia itu sendiri.

2. Menguasai (Minimal) Pengetahuan Dasar Tentang Konten Artikel

Penulis artikel disebut juga content writer. Ada beberapa pakem yang perlu dikuasai oleh penulis konten tersebut, seperti memahami tentang standar penulisan SEO maupun keyword utama dan turunan. Kedua hal tersebut merupakan bekal dasar yang wajib diaplikasikan oleh penulis artikel.

3. Mau Melakukan Riset

Artikel termasuk dalam kategori tulisan non fiksi, dalam artian berbentuk tulisan argumentatif atau faktual. Pantang bagi penulis artikel menyajikan konten yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jadi, mereka pun harus bersedia melakukan kroscek hingga riset kebenaran materi konten yang disajikan.

4. Menguasai Tentang Artikel Informatif Maupun Persuasif

Dalam tips memilih penulis artikel, salah satu kriteria yang menentukan kelayakan rekrutnya adalah penguasaan dalam penulisan artikel informatif dan persuasif. Sebab, tidak semua penulis konten menguasai kedua jenis artikel tersebut.

5. Memahami Artikel Sesuai Keinginan Klien dan Siap Revisi

Terkadang ada penulis artikel yang merasa telah memiliki segudang pengalaman sehingga menyepelekan tentang opini klien. Mereka mengerjarkan order berdasarkan pemahaman pribadi tanpa konsultasi lebih lanjut dan menolak untuk revisi jika hasilnya tidak memuaskan. Tentu karakteristik penulis artikel yang demikian tidaklah baik. 

6. Taat Terhadap Tenggat Waktu (Deadline) Pengerjaan

Terakhir, karakteristik penting yang wajib dimiliki penulis artikel adalah kepatuhan terhadap tenggat yang ditentukan klien. Mereka harus pandai mengukur kemampuan dalam pengambilan job agar dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. 
Hanya karena ingin mendapatkan penghasilan besar, penulis kadang mengambil banyak pesaan artikel tanpa mengukur kesanggupan diri sendiri.

7. Harga

Jangan terbuai dengan harga-harga yang dipatok murah,perhatikan seluruh elemen yang ditawarkan dengan teliti dan jangan terburu-buru.

Tips Memilih Kandidat Penulis Artikel

Lantas, bagaimana cara untuk memilih penulis konten yang tidak hanya dapat menghasilkan sebuah konten tapi memiliki kualitas serta bertanggung jawab?

  • Minta rekomendasi dari kerabat atau kolega yang pernah menggunakan jasa penulis artikel. Sekiranya mereka memiliki kandidat yang kinerjanya bagus, dapat dijadikan pertimbangan untuk direkrut.

  • Gunakan jasa agensi penulis artikel. Proses seleksi penulis untuk agensi demikian sangat ketat. Jadi, Anda tidak perlu lagi khawatir akan kualitas artikel yang dihasilkan penulis. Tapi perlu diperhatikan pula kredibilitas agensi terkait.

  • Pastikan para kandidat tersebut memiliki sederet kualitas sebagaimana yang telah diulas di atas.

  • Jangan membayar lunas order yang Anda berikan, minimal setorkan saja DP dulu. Hal ini untuk mengantisipasi kecurangan atau kerugian dari salah satu pihak.

  • Berikan pekerjaan secara bertahap, dari jumlah yang kecil, untuk menguji lebih dulu konsistensi penulis terhadap pekerjaannya. Jika giat, maka baru tambahkan order.

Kesimpulan


Melalui tips memilih penulis artikel di atas, Anda bisa mendapatkan sosok penulis terbaik untuk menyediakan konten yang dibutuhkan. Sekaligus pula menghindari risiko mengalami kerugian dalam kerja sama yang dirajut. Terlebih jenis proyek semacam ini tidak memerlukan temu muka dan seluruh proses diselesaikan secara daring.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar