6 August 2019

Kenali cara dan contoh prilaku hormat patuh kepada orang tua.

Untuk seseorang anak yang baik,harus hormat kepada orang tua dirumah. Ada banyak cara menghormati ,mencium tangan dan berpamitan ketika hendak keluar rumah,membantu perkerjaan orang tua di rumah,mendoakan setiap selesai shalat,dan lain sebagainya.

A. Berakhlak baik kepada orang tua


Anak dan ibu


Orang tua merupakan orang yang paling berjasa dimuka bumi. Mereka telah merawat dan membesarkan kita. Orang tua kita terdiri atas ibu dan ayah. Untuk merawat dan membesarkan kita, orang tua kita selalu berusaha untuk mencari nafkah agar kehidupan anak-anaknua terjamin.

Sebagai seorang anak dan seorang muslim yang baik, harus menghargai jasa-jasa dan kerja keras yang telah dilakukan orang tua. Contoh bentuk menghargai orang tua yang dapat dilakukan dengan beberapa cara, di antaranya seperti berikut : 

1. Patuh

Patuh yaitu melaksanakan segala perintah orang tua dengan ikhlas dan sabar. Perintah orang tua yang wajib kita patuhi adalah perintah dalam hal kebenaran dan kebaikan yang tidak melanggar ajaran agama.

2. Hormat

Bersikap hormat kepada bunda dan ayah. Salah satu contoh sikap hormat ialah mencium tangan orang tua ketika hendak keluar rumah.

3. Ringan tangan

Ringan tangan yaitu suka membantu apabila kedua orang tua mempunyai pekerjaan. Kita tidak perlu menunggu diminta orang tua, namun dengan sigap cepat membantu. Misalnya membereskan piring sehabis makan,menyapu lantai, membereskan tempat tidur sendiri, dan lain sebagainya.

4. Menjaga nama baik

Sebagai anak yang baik, jangan sesekali-kali kita melakukan perbuatan yang tidak terpuji sehingga menjatuhkan nama baik orang tua. Oleh karena itu, kita harus selalu berbuat baik agar nama baik orang tua selalu terjaga. Salah satu contohnya adalah kita tidak boleh mengejek orang tua teman lain, karena teman lain tersebut bisa membalas mengejek orang tua kita.

5. Menyenangkan hati orang tua

Orang tua pasti senang memiliki anak berakhlak baik. Untuk itu, kita harus selalu membuat senang hati orang tua. Cara menyenangkan hati orang tua seperti rajin belajar, sopan terhadap orang lain, tidak membantah orang tua, dan lain sebagainya.

6. Mendoakan

Semua anak harus mendoakan orang tua, Karena orang tua memilikk jasa yg besar dalam kehidupan kita. Berikut doa untuk kedua orang tua.

Rabbigfirliì waliwãlidayya warhamhuma kama rabbayani sagira
Artinya :
Ya allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihilah mereka sebagaimana mereka mengasihiku di waktu kecil.

B. Kewajiban anak kepada orang tua


Tidak selamanya orang tua kita sehat selalu. Ada saat-saat tertentu orang tua kita sakit. Saat orang tua kita sakit, kita harus melakukan beberapa hal seperti berikut :
a. bersikap sabar

b. merawat orang tua yang sedang sakit dengan penuh kelembutan

c. Menyenangkan hati orang tua

d. berdoa kepada Allah swt, agar orang tua kita segera diberi kesembuhan.

Doa

Allahumma rabbannas azhibilba sa isyfi (Sebutkam nama yang sakit) wa antasysyafi la syifa illa syifauka syifa'an la yigadiru saqama.

Artinya : "Ya allah, tuhan seluruh manusia, angkatlah penyakitnya berikanlah kesembuhan (sebutkan yang sakit) dan engkau adalah zat penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-mu, kesembuham yang tiada kambuh lagi." (H.R Bukhari Muslim)

Kita tentu tidak pernah mengharapkan datangnya musibah.  Apalagi musibah yang berupa kematian yang menimpah ayah,ibu atau bahkan saudara kita yang lain.

Namun, kita hidup berdasarkan takdir Allah swt. Apabila allah swt menghendaki kematian, siapapun tidak kuasa untuk menolaknya.

Allah swt menetapkan bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Apabila orang tua kita ada yang telah meninggal, kita memiliki beberapa kewajiban seperti berikut.


  • Mendoakan agar mereka diberi ampunan oleh allah swt dan diterima amal kebaikanya, serta di tempatkan di tempat yang sebaik-baiknya yaitu surga.



  • Menyambung silahturahmi artinya menyambung persaudaraan dengan teman-teman dan kerabat orang tua kita.



  • Selalu menjaga nama baik keduanya, antara lain dengan cara selalu berprilaku baik sesuai dengan tuntunan agama dan hukum yang berlaku dimasyarakat.


Labels: