12 August 2019

Jangankan Manusia Malaikat pun Takut Neraka jahanam

INGAT!!!! 
Jangankan Manusia Malaikat pun Takut  Neraka Jahannam!!!

Neraka jahannam

APAKAH NERAKA ITU?


Neraka adalah tempat tinggal penuh kesengsaraan yang berada di akhirat. Di dalam nya penuh dengan kobaran api yang bergejolak dahsyat.

Demikian dahsyatnya hingga api itu mengelupas kepala dan menusuk hati.
Bahan neraka adalah manusia dan batu. Neraka di peruntuhkan bagi hamba-hamba yang kafir,munafik yang senantiasa berlumur dosa, tidak mau bertobat, hamba yang musyrik dan mendustakana ayat-ayat Allah, mereka yang malas tidak mau mengerjakan perintah nya, mereka yang terus menerus mengerjakan kemaksiatan hingga melampaui batas.

Allah mengancam orang-orang kafir dengan hal itu dan menakuti-nakuti orang-orang yang sombong, pembangkangan dan durhaka agar mereka meninggalkan segala yang dilarang Allah swt.

Baca didalam al-Qur'an surat Al-Baqarah, ayat 39:
"Adapun orang-orang kafir dan mendustakan ayat-ayat kami, mereka itu penghuni neraka, mereka kekal didalamnya."

Juga terdapat dalam surat Yunus, ayat 27:
"Dan orang-orang yang mengerjakan kejahatan-kejahatan mendapat balasan kejahatan yang setimpal dan mereka ditutupi kehinaan. Tiada bagi mereka seorang pun yang mekindungi dari (azab) Allah seakan-akan muka mereka di tutupi dengan sebagian malam yang gelap gulita. Mereka itulah  penghuni neraka,mereka kekal didalamnya."
"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim,sebenarnya mereka itu menalan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). (Qs.An Nisa' :10)

Malaikat pun takut kepada neraka


Maimun bin mahran mengatakan, tatkala allah menciptakan jahannam, dia menyuruhnnya bersuara keras. Maka, semua malaikat yang tujuh dilangit teraungkur. Kemudian allah swt berkata kepada mereka, "Angkatlah kepalamu. Tidakkah kalian mengetahui bahwa aku menciptakanmu untuk menanti-ku dan beribadah kepada-ku dan ku ciptakan jahannam untuk makhluk ku yang mendurhakai aku?"

Mereka menjawab, "Ya tuhan kami, tidaklah kami merasa aman darinya hingga kami melihat penghuninya."

Itulah maksud firman allah Ta'ala, "sesungguhnya orang yang berhati-hati karena takut akan (Azab) Tuhan mereka." (Qs.Al Mu'minuun;57)

Pintu-pintu Neraka


seperti disebutkan dalam surat Al Hijr, ayat 44:
"Jahannam itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka."

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa rasullah saw pernah bertanya kepada malaikat jibril as. : "Siapakah orang-orang yang menempati pintu-pintu neraka itu?"

Malaikat jibril menjawab:
"Pintu yang paling bawah, didalamnya ditempati oleh orang-orang musyrik. Pintu itu bernama Hawiyah'. Pintu ketiga namanya 'saqar' didalamnya ditempati orang-orang penyembah berhala.

Pintu ke empat namanya Ladhaa' didalamnya ditempati orang-orang majusi dan ditempati iblis dan orang-orang jadi pengikutnya.

Pintu kelima namanya 'Huthamah' di dalamnya ditempati orang-orang Nasrani.

Pintu ketujuh ditempati orang-orang yang melakukan dosa besar dari umatmu yang sampai meninggal dunia belum bertaubat.

Itulah jawaban malaikat jibril. Kita sedang hidup di jaman umat muhammad, maka di antara kita bila melakukan dosa besar, segerahlah bertaubat supaya tidak masuk neraka melalui pintu ketujuh.

Jembatan Di Neraka 


Jembatan atau sirath di ciptakan allah swt tepat diatas neraka. Sirath itu sangat licin dan mudah menggelincirkan, lebih lembut bentuknya dari pada rambut, tajamnya melebihi pedang, gelapnya melebihi gelap malam hari.

Hanya hamba allah yang beriman dan betaqwa serta mengerjakan amal shaleh yang bisa melewati jembatan ini dengan selamat. Para pendosa dan pendurhaka pasti tepereset dan masuk ke jurang neraka.

Hamba allah melewati jembatan itu dengan bermacam-macam cara sesuai amalan mereka sewaktu hidup di dunia :
1. Ada yang berjalan bagaikan kilat menyambar

2. Ada yang berjalan bagaikan angin kencang

3. Ada yang berjalan bagaikan burung terbang

4. Ada yang berjalan bagaikan larinya kuda di pacuan

5. Ada yang berjalan dengan jalan cepat

6. Ada yang berjalan bagaikan larinya bintang ternak

7. Ada yang berjalan seperti lari sehari semalam.

Ada yang melalui jembatan itu selama satu,dua dan tiga tahun. Ada pula yang memakan waktu selama 15.000 tahun (Tahun didunia) dan ada juga yang berjalan dengan berlutut sebagaimana tersebut dalam surat Maryam 71-72 :
Dan tidak ada seseorang pun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu Tuhan mu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.

Kemudian kami akan menyelamatkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.

Nama-Nama Neraka


1. Hawiyah, nama ini tercantum dalam al-qur'an surat Al-Qori'ah (101) ayat 9-10

2.Huthamah, nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-Humazah (104) Ayat 4-5

3. Jahannam nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-hijr (15) ayat 43

4. Jahim nama neraka ini tercantum dalam Al-qur'an surat As-Syu'araa (26) ayat 91

5. Sa'ir nama neraka ini tercantum dalam Al-Qur'an surat An-Nisa (4) ayat 10; surat al-mulk (67) ayat 5, 10, 11 dan lain-lain.

6. Saqar nama neraka ini tercantum dalam al-quran tercantum di dalam Al-Quran  surat Al-Mudadatstsir (26) ayat 26-27, 42.

7.Wail, nama neraka ini tercantum dalam al-Quran surat Al-Muthaffifin, ayat 1-3

Labels: