25 August 2019

Pengertian sosiologi ialah: Ruang lingkup, karakteristik sosiologi


Sosiologi


A. Pengertian sosiologi


Sosiologi berasal dari bahasa latin ialah socius yang berati kawan, teman sedangkan logos berarti ilmu pengetahuan. Ungkapan ini di publikasikan pertama kalinya dalam buku yang berjudul "coulis the philosopie positive karangan august conte walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat.

Sedangkan pengertian sosiologi menurut   sumber buku maryati dan suryati, sosiologi jakarta erlangga telang mengkaji drama kehidupan sosial manusia terutama tentang tindakan manusia baik tindakan induvidual, tindakan kelompok, tindakan lazim dan tindakan tidak lazim, namun kesimpulannya adalah sebuah studi yang sistematis mengenai:
~ Prilaku sosial dan induvidu
~ Cara kerja kelompok-kelompok sosial, organisasi kebudayaan dan masyarakat
~ Pengaruh dan kelompok, organisasi, kebudayaan dan masyarakat terhadap prilaku induvidu dan kelompok.

Dan Menurut beberapa ahli pengertian sosiologi sebagai berikut;

1. Emile durkheim
Sosiologi ialah suatu ilmu yang mempelajri pakta sosial, yaitu yang mengandung cara bertindak, berpikir berperasaan yang berada di luar induvidu di mana fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu.

2. Selo sumardjan dan soalaeman soemandi.
Sosiologi ialah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial.

3. Max Weber
Sosiologi ialah ilmu yang berupaya memahami tindakan sosial.

4. Alan Jhorson
Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari kehidupan dan prilaku, terutama ialah kaitanya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

B. Ruang lingkup sosiologi

Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya hal ini di kenakan ruang lingkup sosiologi.

Mencangkup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu, individu kelompok dengan kelompok, serta dengan kelompok, di lingkungan masyarakat.

Ruang lingkup kajian sosiologi jika dirincikan menjadi beberapa halvantara lain:

~ Ekonomi berserta kegiatan usahanya secara prinsip yang berhubungan dengan produksi distribusi dan sumber kekayaan alam.

~ Masalah manajemen yaitu pihak yang membuat kajian berkaitan dengan apa yang di alami oleh warganya

~ Persoalan sejarah ialah berhubungan dengan catatan kronologis misalnya usaha kegiatan manusia berserta prestasinya yang tercatat dan sebagainya.

C. Karakteristik Sosiologi

Sosiologi memiliki karakteristik sebagai ilmu yang bersifat khusus sebagaimana di sebutkan oleh harry m jhonson dalam bukunya sosiologi A systematic introduction yang menjelaskan:

1. Sosiologi bersifat empiris, artinya ilmu pengetahuan tersebut didasarkan pada observasi terhadap keyakinan dan akal sehat, serta hasilnya tidak beraifat spekulatif, melainkan objektif.

2. Sosiologi bersifat teroris ilmu pengetahuan itu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil obervasi (pengamatan). abstraksi merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.

3. Sosiologi bersifat kumulatif teori:
Sosiologi dibentuk berdasarkan teori yang sudah ada jadi sosiologi, memperbaiki memperluas dan memperhalus teori yang sudah ada itu.

4. Sosiologi bersifat non etis : yang menjadi inti persoalan dalam sosiologi bukanlah buruknya suatu fakta, melainkan tujuan yang hendak di capai dengan menjelaskan fakta tersebut.

Demikian lah penjelasan mengenai pemgertian sosiolog, ruang lingkup, dan karakteristik sosiologi.

Semoga terbantu atas adanya artikel ini mengenai kebingungan anda terhadap pengertian sosiologi dan sebagainya.

Referensi sumber : Wikipedia (Terima kasih)

Labels: