Skip to main content

Stroke (Strokes)

Stroke (Strokes).Dalam Kehidupan sehari-hari, kita mungkin tidak asing dengan istilah stroke (strokes).

Pada dasarnya stroke merupakan penyakit mematikan yang sangat sulit di sembuhkan. Bahkan, di indonesia, strokes  menempati urutan ketiga kategori penyakit pembunuh utama setelah jantung dan kanker.

Dari semua kasus stroke yang terjadi, jumlah penderita yang dapat kembali pulih dan hidup normal hanya sekitar sepertiganya. Sementara iitu kasus stroke lainnya berakhir dengan kelumpuhan ringan, kelumpuhan berat, hingga kematian.

Sangat berbahaya, bukan pembaca dwana post?



Oleh karna itu, kita harus pandai-pandai menjaga diri agar terhindar dari penyakit stroke, salah satunya dengan mengetahui dasar-dasar, likah-liku penyakit stroke.

Apasih Strokes itu?

Strokes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kematian sel-sel otak yang terjadi secara mendadak akibat kekurangannya pasokan darah ke otak. Seperti yang anda ketahui, darah merupakan media distribusi yang membawa ke oksigen dan sari-sari makanan yang penting bagi kelangsungan hidup sel-sel di seluruh tubuh.

Terhenti atau berkurangnya pasokan darah ke otak mengakibatkan sel-sel otak tidak dapat melaksanakan aktivitasnya dan lama-kelamaan akan mati. Karena otak merupakan organ utama yang mengatur segala aktivitas tubuh, maka kerusakan sel-sel otak dapat menimbulkan dampak besar bagi fungsi organ tubuh lainnya.

Penyebab Stroke (strokes)?

Penyakit stroke terdapat dua macam adanya, yaitu stroke Ischemic dan stroke hemorrhagic.

Stroke Ischemic merupakan jenis stroke yang paling sering di jumpai. Dari seluruh kasus stroke yang terjadi, sekitar 75% merupakan stroke Ischemic. Strokes Ischemic di sebabkan oleh adanya penyumbatan arteri yang mengalihkan darah menuju otak.

Pada umumnya, arteri yang mengalami penyumbatan adalah arteri karotis yang terletak di leher. Arteri ini merupakan arteri utama yang mengalirkan darah ke otak.

Penyebab utama strokes Ischemic hampir mirip dengan diabetes mmellitus yaitu terjadinya atherosclerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak).

Hanya saja, atherosclerosis pada stroke Ischemic terjadi pada pembuluh darah yang menuju otak. Hal ini mengakibatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak menjadi berkurang.

Selain itu, endapan lemak pada dinding pembuluh darah dapat terlepas dalam bentuk gumpalan-gumpalan kecil yang dapat menyumbat aliran darah ke otak.

Gumpalan-gumpalan inilah yang merupakan terputusnya aliran darah ke otak.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar