7 September 2019

Sumber Daya Alam, lengkap dan jelas pembahasannya.

Sumber daya alam

Indonesia memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Air, kesuburan tanah, tumbuhan, hewan, dan bermacam barang tambang merupakan sumber daya alam yang sangat bernilai.

Apakah yang dimaksud sumber daya alam??
Mengapa sumber daya alam perlu di lestarikan??

Bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar dapat di manfaatkan untuk kebutuhan pada masa yang akan datang??

Temukan jawaban nya dalam tulisan pembahasam berikut ini ya:

A. Sumber daya alam penghasilan bahan baku


Segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia di sebut sumber daya alam. Sumber daya alam dapat di kelompokan menjadi sumber daya alam yang dapat di perbarui dan sumber daya alam yang tidak di perbarui.

1. Sumber Daya alam yang dapat di perbarui

Sumber daya alam

Sumber daya alam dapat di perbarui adalah sumber daya alam yang dapat di usahakan kembali keberadaanya dan dapat di manfaatkan secara terus-menerus. Contohnya air, udara, tanah, hutan, hewan, dan tumbuham.

a. Air

Air merupakan kebutuhan utama seluruh makhluk hidup. Kegunaan air yang utama bagi manusia antara lain untuk minum, mandi, dan mencuci. Air juga digunakan untuk irigasi, pembamgkitan listrik (PLTA), sarana transportasi, dan sarana wisata.

b. Tanah

Tanah merupakan lapisan kulit bumi bagian atas yang terbentuk dari pelapukan batuan dam baham organik yang hancur oleh proses alamiah. Tanah banyak di manfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertaniaan dan perkebunan.

c. Udara

Bumi dilapisi oleh lapisan udara yang disebut atmosfer. Atmosfer melindungi kehidupan di bumi dengan menyerap sinar ultraviolet dari matahari. Dalam udara terdapat oksigen yang sangat penting untuk pernapasan manusia, hewan, dan tumbuhan. Tidak hanya itu, udara juga merupakan sarana transportasi dan media pemancaran gelombang radio dan televisi.

d. Tumbuhan

Sumber daya tumbuhan sangat penting bagi manusia maupun hewan. Manusia dan hewan tidak mungkin hidup tanpa tumbuhan. Beraneka jenis tumbuhan ada yang tumbuh secara alami dan ada juga yang sengaja di upayakan oleh manusia. Menurut asalnya, tumbuhan yang banyak di manfaatkan oleh manusia adalah tumbuhan hasil hutan serta hasil pertaniaan dan perkebunan.
1) Tumbuhan Hasil hutan

Hutan merupakan sebuah areal tanah yang luas yang ditumbuhi tumbuh-tumbuh secara alami. Tumbuhan yang ada di hutan sangat berameka ragam, ada pepohonan yang tinggi ada juga semak belukar. Sumber daya hutan banyak menghasilkan berbagai jenis kayu seperti rotan, pinus, jati, damar, mahoni, dan cendana. Selain itu, tersedia juga aneka jenis bunga dan tumbuhan lain yang secara langsung maupun tidak langsung  bermanfaat bagi manusia dam hewan. Selain penghasil tumbuhan, hutan juga memiliki banyak manfaat. Ayo ingat kembali, apa saja manfaat hutan!

2) Tumbuhan hasil pertanian dan perkebunan

Selain hasil hutan, tumbuhan ada yang sengaja di upayakan oleh manusia di lahan pertanian dan perkebunan. Indonesia memiliki tanah yang subur oleh karena itu sangat cocok untuk lahan pertanian dan perkebunan. Hasil-hasil pertanian, antara lain padi, palawija, rempah-rempah, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Hasil perkebunan meliputi kapas, karet, kelapa sawit, teh, kopi, cokelat, dan tebu. Hasil pertanian dan perkebunan tersebut sangat penting bagi kehidupan kita.

e. Hewan


Beraneka jenis hewan terdapat di bumi. Hewan tersebut ada berupa mamalia, burung, ikan, dan serangga. Berdasarkan tempat hidupnya hewan di kelompokan menjadi hewan darat, hewan air, dan hewan amfibi.

Hewan yang hidup didarat bermacam-macam, misalnya semut, ayam, kuda, dan harimau. Dapatkan kamu menyebutkan contoh lainnya?

Demikian juga hewan yang hidup di air pun sangat bermacam-macam. Ada hewan yang hidup di air tawar seperti di kolam, sungai, danau. Hewan-hewan aor tawar misalnya, ikan gurame, mujair, mas, dan beberapa jenis udang. Ada hewan yang hidup di air laut. Hewan-hewan yang ada di laut lebih beraneka ragam lagi.

Berbagai jenis ikan kecil, ikan sedang, dan ikan besar dapat dijumpai dilaut. Selain ikan, dilaut banyak pula hewan-hewan lain seperti udang, ubur-ubur, cumi-cumi, kuda laut, bintang laut, dan timun laut. Dapatkah kamu menyebutkan contoh lainnya?

Berdasarkan cara hidupnya, hewan juga dikelompokan menjadi hewan liar dan hewan peliharaan.

~ Hewan liar

Hewan liar adalah hewan yang hidup dialam bebas. Hewan liar bergantung pada makanan yang disediakan oleh alam. Contoh hewan liar adalah hewan yang hidup di hutan seperti gajah, hariamu, banteng, anoa, orang utan, dan berbagai jenis burung. Saat ini populasi beberapa jenis hewan tersebut makin berkurang atau langka.

Oleh karena itu, hewan-hewan tersebut ada yang di lindungi agar tidak punah. Tempat atau kawasan khusus untuk melindungi hewan-hewan langka dinamakan suaka margasatwa.

~ Hewan peliharaan

Hewan peliharaan adalah hewan yang dipelihara manusia. Hewan di pelihara untuk di ambil manfaatnya atau sekedar untuk hobi dan kesayangan.

Hewan yang dipelihara untuk diambil manfaatnya adalah hewan ternak. Macam-macam hewan ternak yaitu sapi, kerbau, kuda, kambing, kelinci, dan unggas.

Hewan tersebut di pelihara untuk di ambil daging, telur, kulit, susu, atau tenaganya. Beberapa jenis ikan air tawar juga di budidayakan di kolam atau dalam keramba di sungai dan danau. Daging, telur, dan ikan merupakan sumber makanan bergizi tinggi.

2. Sumber Daya Alam yang tidak dapat di perbaruhi

Sumber daya alam>

Sumber daya alam yang tidak dapat di perbaruhi adalah sumber daya alam yang apabila digunakan terus-menerus akan habis, sumber daya alam yang tidak dapat di perbaruhi meliputi barang tambang.

Barang tambang merupakan sumber daya alam yang diperoleh dengan cara di tambang atau di gali. Hal itu karena pada umumnya barang tambang tertimbun di dalam tanah. Barang tambang di kelompokan menjadi barang tambang mineral dan barang tambang bukan mineral.

a. Barang tambang mineral

Barang tambang mineral ialah bukan berasal dari makhluk hidup, biasanya berupa dari bebatuan. Mineral ada yang mengandung logam dan ada yang tidak mengandung logam. Bantuan mineral yang mengandung logam biasanya disebut dengan bijih.

Contohnya adalah biji emas, biji besi, bauksit, dan biji tembaga. Mineral yang tidak mengandung logam misalnya tanah liat atau lempung.

Biji logam kemudian diolah menjadi logam-logam penting seperti emas, besi, alumunium, dan tembaga. Semua logam tersebut banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Kalian tentu sering memnjempuai berbagai benda atau alat dari logam. Coba deh komen apa saja!

Seperti telah disebutkan, bahan tambang mineral tidak dapat diperbarui. Jika dikeruk secara terus-menerus, maka persedian mineral akan habis dan tidak ada penggantinya.

Oleh karna itu, penggunaan barang tambang yang bersumber dari mineral harus dilakukan dengan bijaksana. Misalnya, penghematan barang tambang berupa logam dengan cara didaur ulang.

Daur ulang berarti memanfaatkan kembali suatu barang secara berulang-ulang misalnya, kaleng-kaleng bekas diolah lagi menjadi kaleng-kaleng baru.

b. Barang Tambang bukan mineral


Barang tambang bukan mineral atau yang berasal dari makhluk hidup adalah bahan bakar fosil. Contohnya minyak bumi dan batu bara. Bahan bakar fosil terbentuk dari sisa-sisa makhluk hidup lain yang tertimbun selama jutaan tahun yang lalu.

Minyak bumi itu apa??

Minyak bumi merupakan cairan kental berwarna coklat gelap kehijuan yang mudah terbakar. Minyak bumi berasal dari sisa-sisa makhluk hidup yang mengendap/tertimbun di dasar samudra selama berjuta-juta tahun. Minyak bumi dapat diolah menjadi bahan bakar minyak (BBM) seperti bensin, minyak tanah, solar. Kegunaan BBM apa sih??

BBM merupakan bahan bakar utama yang paling penting saat ini 2019 hingga seterusnya. Tanpa bbm, ibumu/ibu saya kesulitan memasak, dan kendaraan bermotor atau mobil tidak dapat berjalan.

Jelaskan singkat apa sih batu bara itu?

Ok teman-teman dwana post, seperti halnya minyak bumi, batu bara terbentuk karena pelapukan bahan organik. Namun, batu bara berwujud padat. Batu bara disebut juga batuan sedimen yang dapat terbakar.

Batu bara jarang digunakan dirumah. Batu bara merupakan bahan bakar utama pada pembangkit listrik.

B. Bahan baku menurut Asalnya


Bahan baku adalah bahan untuk diolah melalui proses produksi menjadi bahan jadi. Bahan baku dapat berasal dari sumber daya alam seperti tumbuhan, hewan, dan barang tambang.

- Bahan baku dari tumbuhan

Kayu merupakan contoh bahan baku yang berasal dari tumbuhan. Perhatikanlah benda yang terdapat di ruang kelas kalian! Terbuat dari bahan apakah benda-benda tersebut?

Diruang kelas pastinya ada meja, kursi, papan tulis, pintu dan lain sebagainya. Iya nggak semuanya terbuat dari kayu. Tumbuhan yang banyak dimanfaatkan kayunya ialah pohon jati, pohon mahoni, pohon meranti, dan pohon gaharu.

- Bahan baku dari Hewan

Bahan baku yang berasal dari hewan umumnya berupa makanan, seperti daging, telur, atau susu.

- Bahan baku dari barang tambang

Bahan baku yang berasal dari bahan tambang contohnya ialah logam. Logam berasal dari biji logam.

Macam-macam logam misalnya, besi, alumunium, tembaga, emas, perak, dan timah. Logam-logam tersebut diolah lagi untuk dijadikan berbagai barang jadi. Contohnya emas, dan perak di buat perhiasan seperti kalung, cicin, gelamg.

Alumunium dibuat menjadi peralatan memasak seperti panci, wajan, teko dan lain sebagainya.

Tembaga digunakan untuk membuat kabel dan alat-alat listrik. Besi yang kuat digunakan untuk kerangka bagunan dan kayu.

C. Pengambilan Bahan alam tanpa upaya pelestarian


Pemgambilan bahan alam semestinya dilakukan dengan mengikuti peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Aturan tersebut diantaranya adalah dalam pengembalian dan pemanfaatan sumber daya alam harus menggunakan teknologi  yang sesuai dan pengelolaan yang tepat. Hal itu dimaksudkan agar mutu dan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dapat dipertahaankan.

Dengan demikian, sumber daya alam dapat dimanfaaatkan hingga masa mendatang.

Akan tetapi pada faktanya, beberapa orang/kelompok masih melakukan pengembalian sunber daya alam dengan cara apa saja, bahkan seenaknya. Mereka tidak memperdulikan dampak kerusakan yang ditimbulkannya.

Yang terpenting bagi mereka dapat mengambil bahan alam dengan cara amatlah mudah, instan, dan hasil uang yang amatlah banyak.

Mereka juga tidak peduli dengan kelestarian  sumber daya alam untuk dimanfaatkan di masa mendatang.

Berikut ini beberapa contoh dan cara pengambilan sumber daya alam dengan cara buruk dan tidak bijaksana.

1. Penebangan Hutan secara liar


Penebangan pohon-pohon dihutan secara liar memang relatif lebih mudah. Dalam waktu yang cepat dapat di proleh kayu yang banyak. Setelah pohon di satu kawasan di babat habis, penebangan akan pasti dilakukan di area hutan lainnya.

Akibatnya hutan menjadi gundul. Hutan gundul yang dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan bencana lain, seperti banjir, erosi, tanah longsor dan kurangnya persedian air saat kemarau melanda.

2. Menggunakan Alat bantu Bom, racun dan pukat harimau untuk menangkap ikan di sungai dan dilaut.


Penangkapan ikan dengan bom, racun, pukam harimau juga lebih mudah. Dalam waktu yang cepat ikan yang diproleh  sangat banyak. Semua jenis ikan baik yang kecil maupun yang besar dapat mati dan tertangkap. Selain itu, hewan-hewan laut lain nya yang terkena bom atau racun juga akan mati. Akibatnya, semua ikan dan tanaman laut lainya mati terkena efek nya dan dampak lainnya, air sungai dan laut akan tercemar jika menggunakan bom atau racun. Oleh karena itu pemerintah dan masyarakat lainnya melarang cara-cara tersebut dilakukan.

3. Pengerukan Barang tambang


Barang tambang diambil dengan cara digali atau ditambang. Penambangan penggalian tanah yang lebih dalam. Kedalaman penggalian bisa mencapai ribuan meter. Baramg tambang ini biasanya berupa mineral logam.

penambangan minyak bumi dan gas di lakukan dengan pengeboran minyak hingga mencapai timbunan mineral.

Penambangan yang dilakukan secara tidak terkendali akan mengakibatkan kerusakan lapisan tanah yang subur. Selain itu, sisa-sisa penambangan yang dibiarkan begitu saja akan meninggalkan lubang-lubang yang sangat besar dan merusak permukaan tanah.

Dan terakhir....

D. Memanfaatkan Sumber daya alam Secara Cerdas dan bijak


Sahabat Dwana post, saya bertanya....
Apakah dengan melimpahnya sumber daya alam yang ada, kita semua dapat menggunakanya dengan terserah hati kita saja/sekehendak hati?

Tentu tidak kan.

Bagaimana nasib generasi yang akan datang, apabila sumber daya alam yang ada habis oleh generasi saat ini?

Untuk itu, hendaknya kita dapat memanfaatkan sumber daya alam yanga ada dengan sebaik-baik mungkin, agar dapat dilestarikan untuk kebutuhan masa yang akan datang.

Selain itu, cara pengambilan sumber daya alam hendaklah dilakukan secara bijaksana dan tidak merusak lingkungan.

Berikut ini adalah Beberapa contoh dan cara pengambilan sumber daya alam dengan tetap melestarikan dan tanpa merusak lingkungannya saja.

1. Penanaman kembali lahan yang pohonnya yang telah di tebang (reboisasi)

2. Penebangan pohon dengan sistem tebang pilih untuk mencegah penggundulan hutan.

3. Menjaga kesuburan tanah, antara lain pemupukan dengan pupuk organik, pembuatan sengkedan, dan penanaman dengan sistem tumpang sari.

4. Mengambil ikan di sungai ataupun di laut dengan cara yang di perbolehkan dan benar seperti memancing, menjaring.

5. Mencegah terjadinya pencemaran air dengan tidak membuang limbah, sampah ke perairan.

6. Mengelolah limbah terlebih dahulu agar tidak membahayakan sebelum dibuang ke lingkungan.

7. Membatasi pengambilan barang tambang dengan memperkirakan jumlah kandungan yang terdapat didalamnya.

8. Mendaur ulang barang-barang dari logam, plastik, bahkan kertas.

Labels: