Skip to main content

Sholat tahajud adalah: Waktu terbaik, dan 11 manfaat sholat tahajud

Sholat Tahajud
Nabi kita tercinta Muhammad (SAW) menyebutkan bahwa Sholat adalah rukun Islam ke-2 dan wajib bagi setiap Muslim untuk mempersembahkan Sholat lima kali sehari. Salah adalah salah satu bagian terpenting dalam kehidupan setiap Muslim. Ada dua jenis: pertama adalah sholat wajib, yang akan ditawarkan lima kali sehari pada waktu-waktu tertentu tanpa ada pilihan untuk melewatkannya dalam keadaan normal.
Sedangkan yang kedua adalah Nafl (sembahyang mewah) yang bersifat opsional dan yang satu tidak jawab kepada Yang Maha kuasa karena tidak melakukan hal itu. Sholat Tahajud dilakukan pada malam setelah doa malam (isha). Ini disebut "tahajjud" karena dilakukan dengan bangun setelah tidur sebentar. Mungkin bagi seseorang yang takut dia tidak akan bisa bangun di malam hari karena kelelahan untuk melakukannya sebelum tidur. 
Ini dapat dilakukan sebagai dua, empat atau delapan rakaat. Ini adalah doa yang sangat baik dan merupakan sunnah bagi umat. Allah SWT memerintahkan Nabi SAW untuk melakukan sholat ini dalam QS Al Isra 17: 79, dimana dalam surat tersebut mengatakan bahwa bagian dari malam itu, Nabi diminta untuk berdo’a sebagai ibadah tambahan.Sehingga diharapkan Tuhan-Nya akan membangkitkan pujian. Sementara itu, niat untuk sholat tahajud dibuat sebagai berikut: "Saya bermaksud untuk melakukan sholat tahajud demi Allah."
Jika seseorang berniat bangun untuk sholat tahajud, lebih baik baginya untuk menunda shalat witir dan untuk melaksanakannya setelah tahajud sebagai doa terakhir malam itu.Ketika sholat tahajud dan shalat witr dibiarkan dilakukan larut malam, perlu untuk melakukan tasbihat setelah sholat malam. Berbagai permohonan dan zikir dapat dilakukan setelah shalat witir. 
Sholat Tahajud dapat dilakukan pada malam hari hingga waktu untuk sholat subuh. Apa yang harus dilakukan seseorang yang tidak dapat melakukan sholat tahajud sebelum waktu sholat subuh?
Hz. Aisha menceritakan: "Ketika Rasulullah (saw) melewatkan sholat malam karena rasa sakit atau alasan lain, ia akan mengamati dua belas rakaat pada siang hari." (Muslim, Musafir, 140)
Narasi ini dari Hz. Umar: Rasulullah (saw) menyatakan sebagai berikut: “Jika ada orang yang tertidur dan gagal melafalkan bagian Alqurannya, atau sebagian darinya dan jika dia membacakannya di antara shalat subuh dan shalat siang, itu akan dicatat baginya seolah-olah dia telah membacanya di malam hari. "(Muslim, Musafirin, 142)
Sholat tahajud adalah: Waktu terbaik, dan 11 manfaat sholat tahajud


Ngomong-ngomong, mari kita sebutkan sebuah hadits tentang waktu ketika permintaan diterima. Hz. Jabir menceritakan:
Rasulullah (saw) menyatakan sebagai berikut: “Ada satu jam di malam hari di mana tidak ada individu Muslim yang akan meminta kebaikan bagi Allah di dunia ini dan yang berikutnya tanpa memberikannya kepadanya; dan itu berlaku untuk setiap malam. ”(Muslim, Musafirin, 166, 167)
Badiuzzaman Said Nursi menyatakan bahwa malam hari, yang mengingatkan manusia baik musim dingin, dan makam, dan ranah barzakh, mengingatkan manusia betapa perlunya roh manusia untuk kemurahan Allah SWT dan bahwa sholat tahajjud yang dilakukan di malam hari adalah suatu keharusan. dan cahaya yang tak tergantikan untuk malam kubur dan kegelapan dunia barzakh.
Sholat tahajud adalah: Waktu terbaik, dan 11 manfaat sholat tahajud

Tidak diragukan lagi bahwa setiap pagi mengingatkan kita pada pagi hari berkumpul. Ya seperti yang dikatakan Badiuzzaman Said Nursi, tentu saja, betapapun masuk akal dan perlu dan yakin bahwa pagi malam ini adalah, pagi kebangkitan dan musim semi yang mengikuti dunia perantara pasti pada tingkat yang sama!
Dari ayat yang disebutkan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa Sholat Tahajud yang dilakukan pada waktu malam hari akan menghasilkan menemukan peringkat yang diberkati pada Hari Pengadilan. Dan pastinya doa ini akan menjadi Sholat Tahajud yang menawarkan di bagian akhir malam.
Sholat tahajud adalah: Waktu terbaik, dan 11 manfaat sholat tahajud

Waktu Terbaik Sholat Tahajud
Sholat Tahajud berarti meninggalkan tidur sehingga Anda dapat berdoa Sholat. Ada Nomor Hadis dan ayat-ayat menekankan pentingnya memohon Allah SWT dengan ajakan dan doa di malam paling gelap.
“Tuhan turun setiap malam ke surga terendah ketika sepertiga malam itu tetap ada dan berkata:‘ Siapa yang akan memanggil Aku, agar aku dapat menjawab Dia? Siapa yang akan bertanya kepada-Ku, supaya aku dapat memberikannya? Siapa yang akan meminta maaf kepada-Ku agar aku bisa memaafkannya? ’” (Bukhari, Muslim)
Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda bahwa doa terbaik sesudah melakukan sholat wajib adalah doa di sholat malam hari, yaitu sholat tahajud. Sholat Tahajud biasanya dilakukan sendirian tanpa bersama. Sholat Tahajud tidak terbatas jumlahnya, tetapi setidaknya dua Rakah. Sebagaimana Nabi Muhammad (SAW) jelaskan bahwa: "Doa Sore yang dua-dua." (Bukhari)
Doa Sholat Tahajud dapat dilakukan di bagian awal malam, bagian tengah malam, atau bagian akhir malam, tetapi setelah shalat Isya wajib. Doa Sholat Tahajud dapat dilakukan kapan saja di malam hari kecuali pelaku waktu untuk tidur. Tetapi waktu terbaik untuk tampil adalah 1/3 malam setelah bangun tidur. Sebenarnya, waktu untuk melakukan Sholat Tahajud adalah sejak Isha yang ditentukan sampai subuh (semalaman) setelah bangun dari tidur. Nabi Muhammad (saw) telah memberi tahu para pengikutnya:
Abu Muslim bertanya kepada Abu Zhar: "Doa larut malam yang manakah yang paling bagus itu?". Saat itu beliau bertanya kepada Rasulullah dan beliau menjawabnya. Bahwa doa larut malam yang terbaik adalah yang dilakukannya pada pertengahan paruh akhir malam dan biasanya akan jarang dilakukan. Itu tidak dapat ditawarkan segera setelah Isha, namun hanya setelah istirahat, tidak juga ketika waktu dekat dengan Fajar.
Ayat ini dengan cara yang sama berlanjut dan membahas tentang shalat tengah malam, instruksi spiritual dalam bayangan membaca Quran di tengah malam. Bahkan itu menghadirkan bukti-bukti yang datang dalam ayat sebelumnya dan berkata: Perintah ibadah ini dan pembacaan tengah malam Quran adalah untuk memprogram ibadah dan instruksi untuk malam, membuat mereka berdiri lebih kuat dengan ketekunan dalam perjuangan mereka. 
Karena cukup sulit untuk membangunkan dari tidur seseorang terutama setelah rutinitas yang sibuk selama satu hari, itulah sebabnya shalat ini menghasilkan pencapaian ganjaran dan status yang luar biasa dari Tuhan Yang Maha Pemurah. 
"Dan orang-orang yang menghabiskan malam dengan Tuhan mereka bersujud dan berdiri (dalam doa)" [Quran, 25: 64]
Ini berarti bahwa mempersembahkan Sholat Tahajud adalah salah satu tanda tertinggi dari murid-murid Islam yang sejati, itulah sebabnya Allah SWT telah menyatakan mereka sebagai hamba-Nya yang setia dalam ayat di atas. Nabi Muhammad SAW dulu sering menawarkan sholat ini, yang membuatnya semakin penting dalam ragam kehidupan seorang Muslim.
Hadits ini adalah kesaksian dari fakta bahwa doa malam adalah bentuk permohonan yang paling diinginkan di dekat Yang Maha Kuasa setelah doa yang wajib untuk ditindaklanjuti. Itu juga disebut sebagai sumber untuk mencapai kedekatan dengan Yang Maha Kuasa.
“Waspadalah dalam berdiri [dalam doa] di malam hari, karena itu adalah praktik orang saleh di hadapan Anda. Ini adalah cara mendapatkan kedekatan dengan Allah Ta'ala, penebusan untuk pelanggaran dan penghalang dari dosa. ”(Tirmidzi)
Ini berarti bahwa Tahajjud shalat selalu menjadi cara para penyembah instruksi Tuhan. Dan itu adalah cara terbaik untuk mendapatkan perhatian terdekat Allah, yang merupakan kunci menuju kesalehan dan kesetiaan.
Sholat tahajud adalah: Waktu terbaik, dan 11 manfaat sholat tahajud

11 Manfaat Sholat Tahajud
Rasulullah (SAW) telah menganggap Shalat ini sebagai sumber yang bagus untuk menyingkirkan pengaruh setan dan mencapai hampir semua jenis keinginan dan aspirasi yang adil. Berikut manfaat yang bisa didapat seseorang dengan melakukan Sholat Tahajud:
  1. Membawa kita ke tempat yang terpuji dan mulia di sisi-Nya.
Ini adalah janji Allah SWT yang akan mengangkat umat-Nya ke tempat yang terpuji, bagi mereka yang melakukan sholat tahajud dengan rajin dan dengan tulus mengharapkan keridhaan Tuhan. Mendapatkan tempat yang terpuji, tempat khusus di hadapan Allah SWT adalah mimpi yang layak dipegang erat oleh jutaan umat beriman.
“Sesungguhnya, orang-orang yang saleh di Taman-taman dan mata air, Mengambil apa yang telah diberikan Tuhan kepada mereka. Sesungguhnya, mereka sebelum orang-orang yang berbuat baik. Mereka terbiasa tidur sedikit [apa]. Dan pada jam-jam sebelum fajar, mereka akan meminta pengampunan. ”(Adh-Dhariyat 51: 15-18)
  1. Memberikan doa dan harapan.
Sholat Tahajud adalah salah satu ibadah Sunnah utama dan merupakan media yang efektif untuk menyampaikan doa-doa kami kepada Allah. Kita bisa berharap dan berdoa tentang kehidupan, tentang mimpi membangun keluarga sakinah, dan permohonan untuk kehadiran aliran bimbingan dalam ritual doa tahajud.
“Setiap malam Allah Tabaraka Wa Ta'ala turun (ke surga dunia) ketika itu adalah yang ketiga dari malam terakhir. Beliau berkata bahwa siapapun yang memanggilnya akan membiarkan proses bandingnya. Siapa pun yang bertanya kepada saya, saya mengizinkan permintaannya. Dan siapa pun yang meminta pengampunan kepada-Ku, aku memaafkannya. “(HR Bukhari dan Muslim)
  1. Menjadi rendah hati.
Allah SWT menegaskan bahwa orang yang sholat tahajud akan selalu memiliki sifat yang rendah hati dan ramah. Ketenangan yang merupakan cerminan dari ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari di masyarakat akan membuat kita rendah hati.
“Dan para hamba Yang Maha Pemurah adalah mereka yang berjalan di bumi dengan kerendahan hati dan ketika berbicara dengan mereka yang bodoh, mereka berkata,“ Damai. ”Dan mereka yang menghabiskan malam sebelum mereka Tuhan, sujud dan berdiri. "(Al-Furqan 25: 63-64)
  1. Menjaga kesehatan.
Tidak diragukan lagi, doa Tahajud menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai penyakit. Karena itu, orang yang membiasakan diri untuk Tahajud akan memiliki sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  1. Menjaga penampilan baik atau kecantikan.
Setiap manusia harus mendambakan ketampanan atau kecantikan dalam dirinya. Melalui terapi doa Tahajud, seseorang dapat mencapai apa yang diinginkannya tanpa menghabiskan sedikit pun. Jaminan ketampanan atau keindahan yang dihasilkan dari sholat Tahajud tidak terbatas pada penampilan kelahiran. Itu juga bisa menghasilkan inner beauty.
Rasulullah SAW berkata, "Siapa pun yang melakukan banyak shalat malam, maka wajahnya akan terlihat tampan atau cantik di siang hari." (HR Ibnu Majah)
  1. Menghilangkan rasa kemalasan dan nafsu.
Sholat Tahajud merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan rasa kemalasan dan nafsu. Melakukannya di malam hari atau sepertiga malam akan membuat kita lebih siap untuk menyambut hari esok. Musuh terbesar dalam diri manusia adalah nafsu. 
Melaksanakan sholat tahajud mungkin agak berat bagi sebagian orang karena itu melihat waktu kerja pada jam-jam di mana kita biasanya tertidur. Godaan untuk tidur tentu sangat besar saat itu. Oleh karena itu, orang yang bangun dari tidurnya untuk melakukan sholat tahajud berarti dia telah berhasil menahan godaan dalam dirinya untuk beribadah kepada Allah SWT.
  1. Dapatkan kelegaan di akhirat.
Keutamaan lain dari sholat tahajud adalah keringanannya hari terakhir. Setiap orang harus memiliki catatan dosa dan ganjaran yang akan diterima di akhirat. Jika catatan aksinya lebih banyak, niscaya tempat surga. Namun, jika sebaliknya, tentu saja, neraka adalah tempat yang tepat.
Dalam hadits Ibnu Jarir Ath Thabari menyebutkan bahwa siapapun yang berbahagia disaat berdiri pada Hari Kebangkitan, maka mereka akan diringankan oleh Allah. Maka dari itulah, biarkan saja mereka memperlihatkan dirinya kepada Allah pada malam hari dengan cara bersujud dan berdiri di hari terakhirnya.
  1. Menjadi lebih dekat dengan Allah
Manfaat sholat tahajud adalah media untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Ini ditegaskan oleh pernyataan hadits Rasulullah SAW:
"Anda harus melakukan sholat malam karena sholat malam adalah kebiasaan orang saleh di hadapan Anda, ibadah yang mendekat kepada Allah Anda, dan menutupi kesalahan dan penghapusan." (Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi)
  1. Mempercepat pencapaian tujuan dan rasa aman
Selain upaya (ikhtiar), kita perlu melakukan doa Tahajud karena doa yang menyertai Tahajud akan diberikan oleh Allah. Allah akan memberi kita tujuan yang kita inginkan dan rasa aman untuk membuat hidup kita lebih mudah.
"Saya telah memberinya apa yang dia harapkan (gol) dan memberikan rasa aman dari apa yang dia takuti." (HR Ahmad)
  1. Memperoleh berbagai kemuliaan
Lima kebajikan di dunia itu harus dipupuk oleh Allah dari semua jenis bencana, tanda kepatuhannya akan muncul di wajahnya, akan dicintai oleh para hamba Allah yang saleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan menjadi mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmat dan akan menjadi orang yang bijak, mengingat pengertian agama. Ini dijanjikan oleh Allah untuk kemuliaan di dunia.
"Siapa pun yang melakukan sholat tahajud dengan baik, dan dengan cara yang tertib, maka Allah akan memberikan 9 jenis kemuliaan: 5 jenis di dunia dan 4 jenis di akhirat."
  1.  Mencegah melakukan dosa dan menghapus kejahatan
Sholat Tahajud dapat mencegah kita dari melakukan dosa dan menghapus kejahatan. Ini karena itu dilakukan pada malam hari di mana banyak tindakan dosa dan kejahatan dapat terjadi di malam hari, seperti keinginan untuk mencuri, membunuh, dan berhubungan seks.
Dalam hadist HR At Turmudzi Al Hakim, mengatakan bahwa setiap umat muslim seharusnya melakukan qiyaamullail. Ini adalah kebiasaan benar, karena mengajarkan kita untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’Ala dan mencegah dosa sekaligus menangkal penyakit dalam tubuh, beserta menghilangkan segala macam kejahatan yang akan terjadi.

Sholat Tahajud adalah salah satu yang terbaik di antara doa yang tidak wajib, itu adalah penyebab mendapatkan Berkah dan Belas Kasihan Allah yang agung. Sebagaimana dinyatakan dalam Hadits "Utusan Allah memerintahkan kami untuk berdoa pada malam hari, sedikit atau banyak, dan untuk menjadikan Doa terakhir sebagai Doa Witar." [At-Tabarani]
Kita semua harus melakukan praktik untuk menawarkan sholat Tahajud ini sehingga kita bisa semakin dekat dengan Allah SWT.

Baca juga: Paduan berwudhu dengan benar secara islam
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar