Skip to main content

Cara sholat tahajud, dengan benar dan sah

Sholat di waktu malam hanya dapat di sebut shalat tahajud dengan syarat apabila di lakukan sesudah bangun tidur malam, sekalipun tiduritu hanya sebentar. Jadi apabila di kerjakan tanpa tidur sebelumnya, maka itu bukan shalat tahajjud, tetapi shalat-shalat sunah saja seperti witir dan sebagainya.

Kalau sudah di ketahui waktu melakukan ibadah ini dari waktu isya sampai waktu subhu, sedang sepanjangmalam ini ada saat-saat utama, lebih utama dan paling utama, maka waktu malam yng panjang itu dapat kita bagi menjadi tiga bagian :

1. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira dari jam 19 sampai dengan jam 22, ini saat utama.

2. Sepertiga kedua, yaitu kira-kira dari jam 22 sampai dengan jam 1, ini saat yang lebih utama dan terakhir

3. Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu subhu, ini adalah saat yang paling utama.

Itu merupakan menurut hadist rasullah saw, artinya : "Perintah allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru : adakah orang-orang yang meminta, pasti akan ku beri dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan ku ampuni baginya. Sampai tiba waktu subhu.

Cara sholat tahajud, dengan benar dan sah

Cara sholat tahajud 


1. Berwudhu dengan benar

2. Siapkan tempat dan sajadah untuk sholat tahajud

3. Ingat, syarat utama nya harus di lakukan terlebih dahulu agar sah.

4. Lafazh kan niatnya sebagai berikut :
"Ushalli sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaan.  Allaahu akbar.
artinya : Aku niat shalat sunah tahajjud dua raka'at karena allah ta'ala. Allaahu akbar.

5. Sholatlah seperti gerakan sholat fardhu, bisa dengan 4 rakaat atau 8 rakaat.

6. Kemudian jika sudah sholat, lalu baca doa berikut ini.

" Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wal fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar".
artinya : Ya tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hidarkanlah kami dari siksaan api neraka.

Dalam hadist bukhari dinyatakan, rasullah saw jika bangun tidur di tengah malam, terus bertahajud dan membaca doa sebagai berikut :

Allaahumma lakal-hamdu anta qayyimus-samaawaati wal-ardhi wa man fiihin, wa lakal-hamdu laka mulkus-samaawaati wal-ardh, wa lakal-hamdu antal-haqqu wa wa'dukal-haqqu wa liqaa'uka haqqun wan-nabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu 'alaihi wa sallam haqqun,  wassaa'atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu,wa ilaika haakamtu, faqhfir lii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu wa maa asrartu, wa maa a'lantu antal muqaddimu wa antal-haqqu-mu'akhkhiru laa ilaaha ilaa anta au laa ilaaha gairuka wa laa haula wa laa quwwata ilaa billaah.

Artinya : Ya allah, bagi-mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-mulah segala puji, Engkau raja pengusa langit dan bumi. Bagi mulah segala puji.

Pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi mulah segala puji engkaulah yang hak, dan janji mu adalah benar dan perjumpaan mu itu adalah hak, dan firman-mu adalah benar dan dan Surga adalah hak,  neraka adalah hak, nabi-nabi itu hak benar dan nabi muhammad saw adalah benar dan saat hari kiamat itu benar. Ya allah kepada mula kami berserah diri ( bertawakal) Kepada engkau jualah kami kembali, kapada mu lah kami rindu, dan kepadamu lah kami berhukum.

Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan. Engkaulah tuhan yang terdahaulu dan tuham yang terakhir. Tiada tuhan melainkan engkau Allah rabbul-'alamin tiada daya dan kekuatan melainkan demgan allah.

Sesudah membaca doa itu perbanyaklah istighfar adapun istighfar yang biasa ( pendek)  ialaha :

Astaghfirullaahal-azhiim wa atuubu ilaiih
artinya : Kami memohon ampunan kepada allah yang maha agung dan kami pun bertaubat kepada nya.

Allaahuma anta rabbil laa ilaaha ilaa anta khalaqtanii waanaa 'abduka wa ana 'alaa 'ahdika wa wa'dika masthatha'tu a'uudzu bika min syarri maa shana'tu abuu'ulaka bi ni'matikaya 'alayya wa abuu'u bi dzanbi faghfir lii fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta.

Artinya : Ya allah, engkaulah tuhan kami, tiada tuhan melainkan engkau. Engkau dzat  yang telah menjadikan kami, dan kami adalah hamba-mu, dan kami pun dalam ketentuan mu serta janji mu sedapat yang kami lakukan.

Kami memohon perlindungan mu dari kejahatan apa saja yang kami lakukan, kami mengakui kenikmatan yang telah engkau limpahkan kepada kami dan kami juga mengauki akan dosa kami, karena itu berilah ampunan kepada kami, sebab sesungguhnya tidak ada yang memberi pengampunan kecuali engkau sendiri.

Setelah selesai membaca doa tersebut, lalu pergilah berbaring kembali tidur, sambil membaca ayat kursi kemudian surat al-ikhlash, al-falaq dan an-nas atau membaca al-qur'an sambil menunggu waktunya subhu.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar