Skip to main content

HUMAN RELATION (Hubungan antar manusia) Simak pembahasan lengkapnya

Pengertian Human Relation

Human relation dapat diartikan secara harfiah ialah hubungan antara manusia. Hubungan antara manusia ini bukan dalam arti bentuk fisik tapi dalam arti yang lebih luas yaitu dengan segala aspek tingkah laku sopan santun tegur sapa, riang gembira dan sebagainya.

Secara luas hubungan antar manusia ini dapat terjadi dalam segala bidang kegiatan dan kehidupan. Misalnya kita bisa saja berhubungan dengan orang-orang di atas kereta api, di stasiun, di rumah sakit, di kantor-kantor dan sebagainya ini adalah pengertian human relation dalam arti luas.

Dari segi lain human relation (hubungan antar manusia) ini dapat pula kita tinjau secara sempit, yaitu hubungan antar manusia yang terjadi dalam langkah pemasaran. Tidak mungkin terjadi transaksi  bila tidak ada hubungan antara penjual dan pembeli.

Bahkan dalam situasi barter primitif ada hubungan batin yang tersembunyi antara penjual dan pembeli.

Dalam segi hubungan antar manusia ada aturan atau etika yang perlu dituruti. Oleh sebab itu seorang penjual harus memahami betul  bagaimana etika yang seharusnya dipatuhi pada saat ia melaksanakan tugasnya sebagai penjual.

Kegiatannya sebagai penjual, tidak akan sama dengan kegiatannya bila ia berada di jalan, ataupun di rumah, ataupun di tempat lain, jabatan yang ia pegang pada sebuah kantor tidak bisa di bawanya bila yang ia melayani seorang pembeli di tokonya.
HUMAN RELATION (Hubungan antar manusia) Simak pembahasan lengkapnya

Peranan Human Relation dalam perdagangan 


Berdasarkan suatu penyelidikan berhasil atau gagalnya seorang dalam masyarakat hal 89 kepada kemampuan seseorang untuk bergaul menarik perhatian orang lain dan berkerja sama dengan orang lain.

Demikian halnya hubungan-hubungan manusia ini dapat kita lihat dalam dunia perniagaan. Sekalipun objek utamanya adalah untuk memperjualbelikan barang dengan barang untuk mendapatkan keuntungan, tetapi bahwa yang terlibat transaksi tersebut adalah orang-orang yang berkepentingan yaitu penjual dan pembeli.

Penjualan akan terjadi apabila terdapat persesuaian paham pendapat dan keinginan dari apa yang mereka lakukan. Hal ini dapat terjadi apabila penjual dan pembeli mau memberi dan menerima pendapat serta ide masing-masing.

Sehingga dengan demikian akan tercipta suatu suasana yang intim dan bersahabat, situasi yang demikian akan memudahkan pihak-pihak yang bersangkutan untuk dapat saling pengertian.

Jadi di dalam pengertian yang mendalam jual beli itu sebenarnya merupakan hubungan manusia yang mendalam, Oleh karena itu seorang penjual harus memiliki hubungan kemanusiaan yang baik agar ia dapat berhasil dan dalam menghadapi setiap manusia pembeli.

Didalam ilmu menjual untuk dapat melayani ego seseorang serta mempengaruhinya. Hal ini perlu diingat oleh penjual :

~ Perhatikan orang lain dengan jujur dan ikhlas

~ Hendaknya ramah tamah

~ Nama seseorang ialah bunyi yang merdu Untuk didengar oleh pemiliknya

~ Dengarkan pembicaraan orang dan besarkan hatinya supaya akan berbicara tentang dirinya sendiri.

~ Bicarakanlah apa yang menjadi perhatian seseorang

~ Berbuatlah dengan jujur supaya seseorang merasa dirinya pentingnya
demikianlah dinyatakan oleh dale carnegie

Perbuatan Mempengaruhi Orang

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan manusia lainnya dalam hidup bermasyarakat. Tidak ada manusia yang dapat hidup normal bila tidak berhubungan dengan manusia lain

Cerita tentang Robinson croesoe adalah cerita tentang yang hidup sendirian enggak ada yang tidak normal. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan dan saling mempengaruhi satu sama lain saling mempunyai daya tarik.

Demikian pula halnya dengan penjual dan pembeli, sama-sama mempunyai daya tarik, Dan harus saling mempengaruhi terutama penjual yang mempengaruhi pembeli.

Penjual harus dapat dimengerti apa keinginan pembeli. Selanjutnya penjual berusaha mempengaruhi calon pembeli tersebut.

Istilah memengaruhi disini di maksudkan mencoba meyakinkan calon pembeli dengan jalan pikiran yang logis untuk dapat dimengerti dan dipahami, tentang apa yang menjadi objek pembicaraan, sehingga keduanya mencapai pemufakatan.

Pemufakatan inilah yang akan menjadi rumah terjadinya transaksi dalam tindakan mempengaruhi ingin menjual harus dapat memberikan pertimbangan dengan disertai daya sugesti dan motivasi. Sehingga calon pembeli memahami dan menyadari akan segala keuntungan yang akan diperolehnya dari suatu transaksi.

Oleh sebab itu penjual harus mengatur dan memikirkan setiap kata yang akan diucapkannya tentu saja. Hal ini banyak dipengaruhi oleh pengalamannya.

Setiap sikap serta gerakan yang tepat akan mempengaruhi atau mempunyai efek psikologi terhadap calon pembeli. Di sinilah pentingnya ada hubungan antar manusia tanpa adanya hubungan antar manusia tidak mungkin akan terjadi transaksi jual beli, kecuali dengan sistem barter pada masyarakat primitif di mana tidak ada hubungan atau komunikasi satu sama lain dan hanya menghasilkan transaksi yang sangat minim.

Demikianlah Pembahasan lengkap kali ini mengenai Human relation (hubungan antar manusi, semoga memperkaya khazanah ilmu pengetahuan anda dalam bidang bisnis penjualan.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar