Skip to main content

Komunikasi : Pengertian, Konsep dasar, Teknik dan Pentingnya komunikasi

Pengertian komunikasi 


Banyak sekali kita jumpa pengertian komunikasi dalam literatur, beberapa diantaranya yang menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu Proses penyampaian dan penerima berita atau informasi dari seseorang ke orang lain.

Suatu komunikasi yang tepat tidak bakal terjadi, kalau tidak penyampai berita tadi menyampaikan secara patut dan penerima berita menerimanya tidak dalam bentuk distorasi ini menurut ( Darwis S. Gani, 1984 : 11).

Distorsi ini dapat terjadi karena seseorang mempersepsi lain dari Apa yang dimaksudkan oleh pengirim informasi. Oleh sebab itu komunikasi ini sangat erat hubungannya dengan persepsi.

Seseorang tidak akan dapat menangkap makna tentang pengetahuan jika tidak dapat memprediksi dengan baik makna atau pengetahuan yang dikomunikasikan. Persepsi pada hakekatnya adalah proses pengalaman dan pengetahuan yang dialami oleh setiap orang di dalam memahami informasi tentang lingkungannya baik lewat penglihatan, pendengaran, penghayatan perasaan, dan penciuman.

Antara penglihatan dan persepsi dapat timbul salah paham karena yang dapat dilihat ditafsirkan secara lain. Satu contoh klasik dikemukakannya seseorang mencoba mengamati suatu benda misalnya sebatang pohon.

Si pengamat mencoba melihat dari berbagai penjuru, lalu dia merasakan pohon itu seakan bergerak padahal benda itu tetap berdiri di tempatnya. Oleh sebab itu masalah Makna adalah sangat penting dalam proses komunikasi Seperti dikemukakan oleh penulis berikut ini.

Herbert T. teknik Mengemukakan bahwa, komunikasi adalah proses mentransfer pengetahuan atau makna untuk mencapai tujuan tertentu.

Dan krech Menyatakan pula bahwa, komunikasi adalah kegiatan menggunakan simbol-simbol dalam rangka menyampaikan informasi tentang suatu objek.
Komunikasi : Pengertian, Konsep dasar, Teknik dan Pentingnya komunikasi
Sumber image : Pixabay.com

Konsep-konsep Dasar Komunikasi

A. Proses komunikasi 


Proses Komunikasi berjalam antara orang dengan orang, atau dengan kelompok. Proses komunikasi itu dapat di gambarkan sebagai berikut ini.


Dalam komunikasi antar persen ini akan menyebabkan terjadinya proses encoding dan decoding. Encoding artinya menjabarkan atau menggantikan ide kedalam bentuk bahasa, sedangkan decoding adalah sebaliknya.

Suatu komunikasi akan efektif bila pesan-pesan yang mempunyai arti atau makna yang sama antara si penerima dan pemberi pesan.
Banyak sekali kita jumpa pengertian komunikasi dalam literatur, beberapa diantaranya yang menyatakan bahwa komunikasi adalah suatu Proses penyampaian dan penerima berita atau informasi dari seseorang ke orang lain.

Dalam gambar di atas pada proses encoding dan transmission, sangat memegang peranan penting motivasi di sini mah dimaksud motivasi dari pihak-pihak yang berkomunikasi. Hal-hal lain seperti perilaku pribadi keutuhan dan persepsi adalah sumber kontribusi terhadap motivasi komunikasi yang bersifat verbal ini bukan berarti kata-kata saja, tapi lebih dari itu perlu dilihat, nada suaranya, cara menyampaikannya, marah, senyum, gembira dan sebagainya yang mengiringi kata-kata itu.

Dan pesan yang bersifat non verbal seperti tulisan, perlu dilihat, bentuk surat, cara menulis, daftar isinya dan sebagainya. Mengenai mode atau medium yang digunakan, perlu dilihat mengapa seseorang menggunakan medium tersebut, misalnya Mengapa tertulis, Mengapa secara lisan, dan sebagainya.

Dan proses terakhir ialah decoding yaitu penerima pesan oleh penerima Apakah dalam hal ini terjadi distorsi penyimpangan karena pengaruh luar atau tidak sehingga Mencapai proses komunikasi yang efektif.

B. Elemen-elemen Komunikasi 


Murphy menyatakan elemen komunikasi yang dimana sebagai berikut ini :

~ Pengirim, penulis, pembuat pesan.
~ Pesan
~ Media surat, memo, laporan, materi pembicaraan, peta dan sebagainya.
~ Penerima, pembicara, pendengar, pengamat.

C. Motivasi untuk komunikasi 


Orang-orang mencoba mencari informasi dan berkomunikasi karena didorong oleh motivasi untuk.

  • Mengurangi ketidakpastian
Sering kali kita merasa kurang tahu kurang pengetahuan tentang segala sesuatu. Oleh sebab itu mendorong kita untuk mencari informasi dan berkomunikasi dengan orang lain, atau dengan apa yang dapat memberi informasi, tentang apa yang kita butuhkan. Misalnya kita ingin tahu suatu barang Maka sebagai konsumen kita akan bertanya kepada penjual.


  • Memecahkan masalah


Karena kurang informasi dan komunikasi, maka selalu timbul keraguan, sehingga tidak dapat mengambil keputusan dalam memecahkan suatu masalah misalnya barang yang mana yang akan dibeli kerena banyak barang yang serupa.


  • Meningkatkan keyakinan 


Komunikasi sangat diperlukan untuk meningkatkan keyakinan apa yang sudah kita ketahui.  Para calon konsumen sudah banyak mengetahui tentang kosmetik. Misalnya konsumen ini masih mencari informasi guna meningkatkan, memastikan (konfirmasi) keyakinannya.


  • Teknik Komunikasi 


Banyak cara dapat dilakukan dalam komunikasi bisnis antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Pengertian Bisnis dan fungsi-fungsi dasar bisnis

Mencetak Bulletin
Diterbitkan secara teratur yang memuat informasi tentang perusahaan tentang produk baru yang sedang dikerjakan, ataupun kerangka kerangka ilmiah atau berita umum yang bermanfaat bagi masyarakat. Apabila orang membaca buletin ini maka dia akan ingat pada perusahaan

Membuat film dokumenter
Perusahaan dapat membuat film dokumenter bisa yang menyangkut proses produksi, kemudian disiarkan oleh televisi dalam bentuk berita pembangunan.

Publicity
Pimpinan perusahaan dapat mengundang para wartawan datang ke lokasi perusahaan, mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai perusahaan  seperti sejarah berdirinya perusahaan itu, yang mendorong perusahaan ini didirikan di tempat ini. Apa manfaat dari produksi ini ditinjau dari segi pembangunan bangsa? Apa keunggulan produk ini dan sebagainya?

Promosi
Teknik komunikasi yang paling banyak digunakan dalam bisnis ialah apa yang tercakup dalam kegiatan promosi. Promosi Berarti semua usaha yang bertujuan meningkatkan penjualan, termasuk kedalamnya personal selling, Advertising, dan sales promotion.

Sales promotion berarti setiap usaha untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek seperti display show demonstrasi memberi hadiah hadiah mengadakan undian dan sebagainya.

Pentingnya komunikasi 


Rasanya tidak mungkin seseorang hidup sempurna tanpa berkomunikasi dengan orang lain. Demikian pula halnya pada sebuah organisasi bisnis, komunikasi merupakan sumber kehidupannya, di dinyatakan komunikasi merupakan "darah sebagai sumber kehidupan" bagi setiap organisasi dan merupakan kunci sukses dalam karir bisnis dan kehidupan pribadi Seseorang.

Dikatakan bahwa komunikasi ini sangat penting sehingga apabila tidak ada komunikasi maka organisasi itu tidak akan berfungsi. Ada pun bentuk organisasi itu seperti, sosial, bisnis ,profit atau non profit, Selalu ada komunikasi antara individu didalamnya dan antar organisasi saling menukar informasi Idol rencana usul koordinasi untuk membuat keputusan.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa suatu organisasi adalah merupakan kumpulan orang yang mempunyai tujuan tertentu yang harus mereka capai melalui kegiatan seperti tertera dalam fungsi-fungsi manajemen.

Kelompok orang-orang ini memerlukan komunikasi, baik di antara sesama mereka secara horizontal maupun dengan atasan bawahan secara vertikal. Semakin Kompleks organisasi maka semakin Kompleks pula jalur jalur komunikasi yang terdapat di dalamnya.

Jalur komunikasi internal yaitu komunikasi dalam organisasi sangat penting untuk kelancaran jalannya roda organisasi. Komunikasi internal dapat memotivasi para pegawai di dalam organisasi akan bekerja lebih efisien. Mereka memerlukan informasi yang tepat menerima kejelasan tugas dan pengarahan dan mereka juga memiliki kejelasan tujuan organisasi dan penyelesaian hal-hal yang bersifat kabur dan kontradiksi.

Sedangkan komunikasi eksternal diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang lain di luar organisasi, seperti dengan relasi, langganan, konsumen atau dengan masyarakat pada umumnya. Komunikasi eksternal ini mempunyai daya jangkau jarak jauh yang akan membentuk  nama baik dan membentuk imajinasi atau fantasi baik di hati masyarakat.
Baca juga: Harus punya 12 Syarat mental serta 8 Karakter untuk seorang penjual

Reputasi bagi sebuah organisasi dapat terbentuk dengan mengadakan komunikasi secara terus-menerus dengan masyarakat. Melalui berbagai cara dan kegiatan, seperti promosi di berbagai media menyebarkan pamflet dan sebagainya. Semua bentuk komunikasi ini akan ditransmisikan oleh para penerima publikasi dan akhirnya terbentuklah Suatu sikap positif atau negatif terhadap organisasi.

Dan keahlian komunikasi ini merupakan hal y fundamental dan pengembangan karir seseorang atau suatu organisasi.

Komunikasi dalam bisnis


Dari apa yang telah diuraikan sebelumnya dapatlah disimpulkan betapa pentingnya komunikasi. Dalam kegiatan bisnis tidak akan berhasil jika tidak ada komunikasi.

Komunikasi bisnis dapat dilakukan di dalam perusahaan dan diluar perusahaan di dalam perusahaan. Komunikasi perlu dibina secara baik dengan para karyawan agar lebih yakin dengan produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Jika karyawan tidak yakin tidak mengenal jalan ke akan produk yang dihasilkannya, maka sulit mengkomunikasikan produk tersebut kepada orang lain diluar perusahaan.

Kemudian komunikasi Intern ini sangat penting untuk menjaga kelancaran jalannya organisasi perusahaan sehingga tidak akan timbul miskomunikasi antara bagian bagian seksi dalam perusahaan.
Baca juga: Pengertian jual beli: Cara melakukan jual beli, teknik penjualan!!

Demikianlah pembahasan kali ini, semoga kalian memahami apa yang dibahas dalam blog ini serta selamat kepada anda sudah menambah wawasan ilmu dalam bidang komunikasi bisnis. Saya ucapkan terima kasih.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar