Skip to main content

Pengertian Bisnis dan fungsi-fungsi dasar bisnis

Dalam bahasa Indonesia belum ditemukan pengertian bisnis yang seragam. Namun di dalam pembahasan selanjutnya istilah bisnis kecantikan semua kegiatan yang mencakup menyediakan barang dan jasa yang diperlukan atau diinginkan oleh orang.
Pengertian Bisnis dan fungsi-fungsi dasar bisnis

Atau dengan kata lain bisa dimaksudkan menjadi akan barang dan jasa untuk tujuan mencari keuntungan. Kegiatan bisnis mencari keuntungan yang dilakukan oleh suatu usaha perorangan persekutuan bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Akan tetapi ada pula kegiatan bisnis yang tidak mengejar keuntungan yaitu kegiatan yang dilakukan oleh kantor kantor dinas pemerintah Rumah Sakit, pemadam kebakaran dan sebagainya. Kantor-kantor dinas pemerintah melalui para karyawan yang berusaha memberikan layanan kepada masyarakat.

Ini juga disebut kegiatan bisnis. Pemerintah harus bertindak efisien dalam kegiatan bisnis dan manajemen yang baik menghindari pemborosan dan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat.

jadi pengertian bisnis di atas tadi mencakup usaha yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta yang menyediakan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat baik mengejar keuntungan atau tidak.

Dengan begitu pengertian bisnis adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam hal ini termasuk jasa dari pihak pemerintah dan swasta yang disediakan untuk melayani anggota masyarakat.

Semua kita terlibat dalam kegiatan bisnis melalui bisnis kita dapat memperoleh penghasilan memenuhi kebutuhan akan barang dan jasa dunia bisnis bersifat dinamis kreatif dan menantang.

Bisnis tidak pernah diam orang bisnis selalu bersifat dinamis, selalu bergerak maju, banyak insiatif, kreatif dan memberikan tantangan dalam menghadapi masa depan dengan penuh rasa optimis. Demikianlah orang-orang mempelajari bisnis dan mempraktekkan bisnis dengan harapan akan menuju dan mendapat penghasilan pilihan ganda dari usahanya.

Itulah sebabnya perlu ditekankan Mengapa kita harus mempelajari bisnis. Kita perlu mempelajari bisnis karena dunia bisnis mempengaruhi kehidupan semua orang, semua orang tertarik, ingin tahu dan terlibat dalam kegiatan bisnis.

Sebagai konsumen kita banyak dibantu oleh kegiatan bisnis kita mengetahui bagaimana orang dapat memperoleh keuntungan melalui kegiatan bisnis dan Bagaimana pula kegiatan bisnis dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan utama kegiatan bisnis ialah mencari keuntungan mengejar pertumbuhan meningkatkan efisiensi, dan melindungi masyarakat (bagi kegiatan bisnis yang tidak mengejar keuntungan).
Baca juga: Harus punya 12 Syarat mental serta 8 Karakter untuk seorang penjual

Fungsi-Fungsi Dasar Bisnis


Ada 3 point mengenai fungsi dasar bisnis, berikut ialah :


1. Mencari bahan mentah

2. Membuat produk

3. Menyalurkan barang ke tangan konsumen

Sebagai contoh yang disederhanakan ialah Bagaimana kita dapat memenuhi kebutuhan sarapan pagi dengan sepotong roti.

Pertama-tama orang memerlukan bahan mentah untuk membuat roti, berupa tepung terigu kemudian roti dibuat di pabrik roti, dan terakhir pabrik roti menyalurkan atau menjualnya ke toko makanan, kemudian kita membeli roti dari tokoh makanan tersebut.
Baca juga: Pengertian jual beli: Cara melakukan jual beli, teknik penjualan!!

Ini adalah model dasar dari fungsi dasar bisnis.

Demikianlah pembahasan kali mengenai bisnis, semoga kalian mendapatkan khazanah ilmu tentangan mengenai bisnis dan fungsi-fungsi dasar bisnis.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar