Skip to main content

Pengertian jual beli: Cara melakukan jual beli, teknik penjualan!!

Pengertian jual beli adalah suatu persetujuan antara dua pihak, yaitu pihak yang satu menyanggupi untuk menyerahkan suatu barang sedangkan pihak lain menganggap yang membayar harga yang sudah ditentukan untuk barang itu.

Yang membeli berkewajiban :
1. Menerima barang yang dibelinya
2. Membayar harga yang sudah ditentukan.

Yang menjual berkewajiban :

Menyerahkan barang yang sudah dijual.
Menjamin pembeli memiliki barang itu dengan aman dan damai.
Menjamin barang tidak memiliki cacad yang tersembunyi.
Pengertian jual beli: Cara melakukan jual beli, teknik penjualan!!

Cara melakukan jual beli

Persetujuan jual beli itu mungkin datangnya dari calon pembeli dan mungkin pula dari calon penjual, jual beli baru mungkin terjadi jika telah ada permintaan dari calon pembeli atau penawaran dari calon penjual.
Baca juga: Komunikasi : Pengertian, Konsep dasar, Teknik dan Pentingnya komunikasi

Penawaran barang yang akan dijual itu disebut offerte. Biasanya offerte disampaikan dengan surat, kadang-kadang ada juga dengan lisan.

Macam-macam offerte itu ialah :


  1. Offerte tetap
  2. Offerte tetap selama tidak terjual
  3. Offerte tidak terikat


Kalau sesuatu barang ditawarkan dengan offerte tetap maka orang yang menawarkan berkewajiban menyediakan barang itu untuk orang yang akan membeli, dengan harga yang ditawarkan.

Oleh karena penawaran yang semacam itu tidak dapat dibiarkan terus makan selalu ditunjukkan batas waktu berlakunya offerte.

Kalau yang akan menjual ingin bebas menjual barang itu kepada orang lain sebelum ada kepastian dari orang yang menerima penawaran maka bertanya berbunyi : offerte tetap selama tidak terjual, penawaran bebas, Siapa duluan dia dapat.

Syarat yang ditambahkan ini membukakan pintu untuk segala kemungkinan jika sementara waktu harga naik maka barang yang ditawarkan itu, lalu disebut sudah terjual dan biasanya disertai dengan penawaran barang lain serupa kualitasnya Tetapi lebih tinggi harganya.

Offerte yang masig di sebut tetap ini, sebenanya sudah menjadi offerte tidak terikat. Jika di tawarkan dengam offerte tidak terikat, maka yang menawarkan boleh menaikan harga barang yang ditawarkan itu atau menjualnya kepada orang lain.

4. Teknik penjualan

Saya mau nanya nih. Bagaimana sih cara meyakinkan calon calon pembeli?

Untuk meyakinkan langganan atau calon pembeli mau membeli tak dapat dipisahkan dari cara menawarkan. Supaya pembeli merasa yakin, seorang penjual harus benar-benar mengenal barang yang dijual serta mempunyai kemampuan untuk dapat mengatasi setiap keberatan Dan keluhan pelanggan.
Baca juga: Harus punya 12 Syarat mental serta 8 Karakter untuk seorang penjual

Dalam usaha menyakinkan pembeli penjual harus memperkecil kekurangan-kekurangan yang terdapat pada barang dagangannya. Sebaliknya tunjukkanlah setiap kelebihan yang terdapat dalam barangnya tetapi jangan lupa semua Keterangan tersebut harus dibuktikan dan jangan berbohong !

"Ketulusan hati dan kejujuran penjual akan menimbulkan keyakinan baik terhadap barang, jasa maupun terhadap diri sendiri. Jelaskan segalanya seperti apa adanya jangan berlebih-lebihan".

Demonstrasi merupakan salah satu yang paling efektif untuk meyakinkan. Sebab melihat dengan mata kepala sendiri, maka calon pembeli hanya dapat menilai Apakah barang-barang yang diperlukan.

Misalnya menjual sebuah ballpoint coba coretankan ballpoint tersebut pada selembar kertas, yang pasti hal ini akan menarik calon pembeli. Bila mungkin ajaklah pembeli ikuy serta akam menarik dan calon pembeli.

Bila mungkin ajaklah pembeli ikut serta mengadakan "demonstrasi" suatu barang. Termasuk bagaimana menyakinkan pembeli, penjual harus samggup mengatasi bila timbul keberatan dan celaan-celaan dari calon pembeli.
Baca juga: Pengertian Bisnis dan fungsi-fungsi dasar bisnis

Mengatasi keberatan-keberatan calon pembeli merupakan tingkat terakhir sebelum calon pembeli mengambil keputusan untuk membeli. Keberatan-keberatan tersebut dapat melupakan pertanyaan, keluhan celaan, penolakan dan lain-lain.

Untuk dapat mengatasi keberatan seorang penjual dapat menggunakan segala kemampuan yang diperoleh dalam praktek keterampilan menjual antara lain kebijaksanaan, tidak mudah putus asa.

Yang diperlukan dalam mengatasi keberatan-keberatan calon pembeli ialah : ajaklah calon pembeli berbicara.

Jangan hanya kita sendiri yang berbicara. Baru kemudian terima dan dengar lah segala keberatan serta keluarnya dengan senang hati, lalu ajukan beberapa pertanyaan dan kemungkinan melalui dengan anjuran, atau tawarkan Barang jenis lain sebagai pengganti.

Demikian lah pembahasan kali ini semoga artikel ini membantu kalian dan memperkaya khzanah ilmu pengetahuan seputar dunia bisnis.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar