Skip to main content

Pengertian penerima pesanan: Perbedaan penjual dan penerima pesanan

pengertian penerima pesanan adalah orang yang menerima order, mencari order terhadap barang-barang dari orang lain yang membutuhkannya. Dalam pelaksanaannya penerima pesanan mempunyai beberapa tugas yang harus dilaksanakan ialah :

1. Mencatat pesanan pesanan yang diterima sedemikian rupa sehingga memungkinkan kontrol, perjanjian yang telah diadakan telah dipenuhi oleh kedua pihak.

Kontrol yang dimaksud di sini tidak hanya berhubungan dengan dipenuhinya syarat-syarat penyerahan dan pembayaran, akan tetapi juga tindakan-tindakan yang harus dilakukan untuk mengatur kemungkinan penyimpangan dari cara yang paling ekonomis bagi produksinya.
Baca juga: Harus punya 12 Syarat mental serta 8 Karakter untuk seorang penjual

2. Mencatat akibat-akibat material dan finansial dari pembelian pembelian atau transaksi yang sejenis pencatatan ini sangat dibutuhkan untuk kepentingan kalkulasi dan kontrol produksi pertama untuk memperhitungkan penutupan biaya pembelian dengan menggunakan tarik-tarik dan diferensiasi (tarik yang berbeda).

3. Penyusunan data statistik mengenai aktivitas penjualan termasuk penetapan harga harga yang ditawarkan yang disetujui dan yang berlaku umum Nama dan alamat alamat dari para pelanggan Dan mengenai syarat-syarat penyerahan dan pembayaran.
Pengertian penerima pesanan: Perbedaan penjual dan penerima pesanan

Perbedaan penjual dan penerima pesanan

Untuk perbedaannya dapat kita uraikan singkat di atas mengenai beberapa perbedaan antara penjual dan penerima pesanan antara lain :

  1. Barang akan dijual atau ditawarkan oleh seorang penjual sudah tersedia badan jenis maupun kualitasnya. Sedangkan barang yang ditawarkan oleh seorang penerima pesanan ada yang sudah dan ada yang belum tersedia yang tersedia hanyalah bahan-bahannya saja barang produksi akan setia atau dihasilkan Apabila ada orang yang mau mesan atau membutuhkan.
  2. Barang yang ditawarkan oleh penjual, harganya sudah ditentukan. Sedangkan pada penerima pesanan harganya pun ada yang sudah dan ada yang belum ditentukan. Harga akan terbentuk apabila sudah terjadi tawar-menawar antara konsumen dengan penerima pesanan.
  3. Bagi seorang penjual mencatat mengenai Siapa pembeli orang kurang penting. Tapi bagi seorang penerima pesanan mencatat pesanan yang datang adalah sangat penting, baik mengenai jumlah barang yang dipesan maupun mengenai hubungan dengan pemecahan semua ini diperlukan untuk memudahkan kontrol.
  4. keberhasilan seorang penjual disebabkan karena ia melaksanakan fungsi penjualan yang sempurna terutama dalam fungsi reklame. Sedangkan bagi penerima pesanan keberhasilannya apabila yang memberikan service yang baik di segala bidang kepada para pemesan.
  5. Penjual dapat menjual barang-barang yang masih baru dan belum terkenal. Penjual juga bukan hanya menjual kepada orang yang membutuhkan nya saja akan tetapi juga kepada orang yang mungkin membeli untuk dijual kembali. Sebaliknya seorang penerima pesanan hanya dapat menjual barang yang telah lama terkenal dan sudah dijual di toko-toko.
  6. Pekerjaan penerima pesanan kadang-kadang adalah sebagai akibat berhasilnya penjualan pertama dan karena bahasanya promosi perusahaan, kemudian tinggal menunggu pesanan.
  7. Seorang penerima pesanan mengunjungi toko eceran atau calon pembeli dengan membawa contoh-contoh barang untuk dipesan mereka tak usah membawa persediaan barang.
Baca juga : Pengertian jual beli: Cara melakukan jual beli, teknik penjualan!!

Nah itu saja kali ini pembahasan materi saya mengenai hal tersebut semoga menambah wawasasan kalian serta memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dalam bidang bisnis.
Baca juga: Pengertian Bisnis dan fungsi-fungsi dasar bisnis 
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar