Skip to main content

Teguran untuk orang yang Sombong!!

Ada kecendrungan orang itu akan bersifat sombong melampaui batas. Jadi kata al-qur'an jangan sampai kita bisa melampaui batas dan meski waspada jangan sampai terjadi melampaui batas.

Sombong adalah salah satu sifat yang muncul ketika seseorang melampaui batas dalam sikapnya.

Bagaimana itu terjadi seseorang melampaui batas kemudian menjadi sombong?

Jika seseorang sudah didalam diri merasa lebih yang mana dalam agama islam di sebut alistiq'na. Dan kata al-qur'an sifat sombong pertama kali akan muncul ketika seseorang merasa punya kelebihan.

Contoh dalam kehidupan

Jika kalian ingin menjadi kaya itu tidak masalah, malahan allah swt mendorong hal itu agar kalian ketika kaya bisa mampu menunaikan amal pahala kebaikan seperti berhaji ke tanah suci, berzakat, bersedekah dan lain sebagainnya. Tapi ingat jangan sampai anda merasa lebih kaya dari orang yang ada di sekitar mu atau di mana saja.

Teguran untuk orang yang Sombong!!


Teguran orang sombong 


Tahukah kamu bahwa ustad adi hidayat mengibaratkan orang sombong itu seperti orang yang sudah naik ke sebuah tempat yang tinggi seperti menara atau gedung pencakar langit, kemudian dia sendiri yang menaiki sebuah tempat tinggi tersebut lalu, melihat kebawah serta melihat orang-orang itu sangat kecil-kecil banget. Padahal dia lupa bahwa orang-orang yang di bawah nya pun melihat dia yang diatas kecil juga.

Dan penyakit sombong itu pertama kali timbul di saat ia merasa punya kelebihan, dan kapan seseorang merasa punya kelebihan serta apa saja faktor-faktor orang merasa punya kelebihan.

1. Bertambah nya sebuah harta benda

Ketika seseorang mengalami sebuah peningkatan harta maka dari situ seseorang tersebut akan rentan/mudah mengalami sikap dan penyakit sombong.

Teguran contoh dikehidupan, misal :

"Dulu ada orang yang hidup nya biasa naik angkot, turun dari angkot badan nya agak di bungkukan setelah itu ia bersedekah dengan memberikan uang kembalian pada supir itu, tapi setelah punya mobil baru, turun dari mobil badannya di tegapi, padangan wajah agak di naikkan ke atas lalu tangan nya di masukan ke kantong celana. Dari situ kalian sudah taukan perbedaanya mengenai penjelasan di atas".
Teguran untuk orang yang Sombong!!


Ingat bahwasannya ustad adi hidayat menegur orang sombong yang banyak gaya dengan merumuskan hukum fisika yang dimana gaya = f, berbanding lurus dengan hukum pascal = p. Gaya berbanding lurus dengan tekanan, semakin banyak gaya semangkin pula mengalami banyak tekanan hidupnya.

Dengar, kata alllah bahwasannya harta yang kita miliki itu adalh milik nya, kamu hanya di titipkan saja dengan begitu kamu bisa menambah amal pahala mu serta barang kali amalan kamu masih kurang dengan harta itu kamu bisa menyempurnakan dan menyusul amalan-amalan muslim yang lain, padahal muslim yang lain sudah berusaha melakukam amalan-amalan yang luar biasa seperti sholat malam, berpuasa, sholat wajib dan sunah selalu.

Tapi allah hanya kasih ke kamu saja harta yang berlimpah dan lebih, ingat bahwasanya berarti allah swt cinta dan sayang kepada kalian yang di titipkan harta berlimpah untuk di amalkan ke jalan kebaikan seperti sedekah kepada yang kurang mampu, sedekah ke anak yatim dan piatu, sedekah ke masjid, pergi haji, bayar zakat dan berqurban, bukan untuk sombong yah.

Menurut saya ada orang yang sombong dengan harta titipan dari allah itu sungguh sangatlah aneh, bagaimana tak aneh coba, harta/barang titipan itu kan milik allah massa iya untuk di sombongkan anehkan orang itu?

Dan umumnya orang yang ingin di titipi itu tidak mau banyak. Misal ia di titipi mobil yang awal nya satu ia mau, eh nambah lagi, nambah lagi sampai banyak, pasti ujungnya ia tak mau lagi. Sebab mau tarok dimana lagi tuh mobil kan tempat nya hanya segitu yang bisa di tampung mobilnya.

Ingat bahwasanya sifat titipan itu akan selalu diambil oleh pemiliknya, hati-hati dan ingat lah orang yang banyak di titipin itu biasanya tidak siap di ambil oleh pemiliknya (allah swt). Biasanya reaksinya ada seperti menangis, gila, dan bunuh diri.

"bila anda banyak di titipkan harta oleh allah ingat bahwasanya itu titipan, untuk memperbanyak amal ibadah anda, bukan untuk sombong".
Baca juga: Tips ampuh meninggalkan maksiat dan dosa. 

Demikian pembahasan kali ini mengenai teguran untuk orang yang sombong, Semoga untuk orang yang sombong yang sudah membaca artikel ini sadar dan berubah ke jalan yang di ridhoi allah, jika artikel ini menurut kalian membantu banyak orang, jangan sungkan anda membagikan nya ke media sosial yang kalian miliki. Dengan begitu anda membuat amal kebaikan untuk orang banyak dan saya ucapkan terima kasih.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar