Skip to main content

12 Pertanyaan dan jawaban bermakna serta penuh motivasi hidup dari ustadz abdul somad.lc,..ma

Baca Juga

Siapa yang nggak kenal dengan ustadz abdul somad. lc,..ma yang hingga saat ini masih populer dikalangan ustadz yang ada diindonesia.

Ilmu pengetahuan islam yang ada pada ustad abdul somad sungguh amatlah baik, dan mudah dipahami tatkala ustad abdul somad menyampaikan dakwahnya kepada umat muslim yang ada di indonesia maupun di luar indonesia.

Kaum muslim sangat senang apabila di perbolehkan memberikan pertanyaan kepada ustad abdul somad untuk mereka yang bertanya mendapatkan pemahaman yang baik mengenai agama islam.

Menyimak pertanyaan dan jawaban dari mereka yang sering kali membuat saya mendapatkan wawasan saya terhadap ilmu-ilmu mengenai akhlak islam, motivasi islam dan motivasi hidup dan lain sebagainya.

Dan berikut ini 12 pertanyaan dan jawaban penuh makna serta penuh motivasi hidup baik dikehidupan di dunia atau bekal akhirat dari ustadz abdul somad. lc,..ma

1. Bagaimana cara menemukan solusi atas semua masalah hidup? 

Ustad abdul somad menjawab : Ada masanya, ada saatnya dalam hidup ini kita sudah berusaha all out (habis-habisan) tapi tidak seperti yang kita inginkan.

Lalu sebagian kita down, terpuruk.

Ini dia resep atau cara menemukan solusi atas semua masalah hidup dari syekh muhammad mutawalli asy sya'rawi.
"Kalau dunia yang lapang ini terasa sempit, segala sebab musabab sudah dilakukan tapi rasanya sudah putus asa, lakukanlah dengan mengambil wudhu, perbaruhi wudhu mu, sholat sunah 2 rakaat, berdoa kepada allah swt. Kata syekh muhammad mutawalil asy sya'rawi: Aku tantang engkau.

Allah swt memberikan solusi dalam hidupmu, sebelum engkau salam dari sholat mu dua rakaat itu, solusi sudah engkau temukan".

2. Pertanyaan, Apa arti zuhud itu?

Ustadz abdul somad menjawab : Zuhud adalah hati yang kosong dari dunia. Bukan tangan yang kosong dari dunia, dalam maknanya. Artinya orang boleh tanganya berisi dunia, ada uang, ada dirgham, ada jabatan dan lain-lain tapi jangan sampai masuk ke dalam hati.

Banyak orang yang mengatakan, tidak penting punya karena masuk hati, tapi sebenarnya dalam hatinya penuh dengan dunia. Jika iya, perbaiki, diperbetulkan definisi zuhud ini.

"Kosongkan hati dari dunia, bukan tangan yang kosong" (Ustad abdul somad)

3. Apakah kehilangan akhlak, berarti telah kehilangan segalanya?

Jawaban ustad abdul somad. lc,..ma : Kata syadinna ali r. a, kalau kau kehilangan harta, sesungguhnya kita tidak ada kehilangan apa-apa.

Kalau kau kehilangan kesehatan, kau kehilangan sebagian. Tapi kalau kau sudah kehilangan akhlak, maka engkau pasti kehilangan segala-galanya. Jadi segalanya di ukur, berdasarkan akhlak. Itulah pesan sayydinna ali bin abu thalib r.a.

4. Apa tanda seseorang itu di tolak dan diterima oleh Allah swt?
Apakah di terima dari pakainya?
Apakah dari gayanya? 


Jawabannya, Ini yang tau orang itu sendiri. Diantara tanda orang itu di tolak oleh allah swt ialah Seseorang itu sibuk dengan hal yang tidak penting, Nah itulah orang tersebut di tolak oleh Allah swt (Tuhan semesta alam).

Sibuk sesuatu yang tidak penting itu seperti apa?

Inilah contoh sebagai berikut, Berjudi, mabuk-mabukan, dan masih banyak lainnya.

Intinya itu ya sob ialah yang tak ada penting nya untuk akhirat, tapi dia sibuk habis waktu untuk itu.

Tak ada pentingnya untuk alam barzakh, alam kubur, alam akhirat dan ia lebih perduli dan penting untuk hal itu.

5. Sebutkan perpisahan yang paling menyakitkan?

Jawaban, Inilah penjelasan perpisahan yang oaling menyakitkan. Mati berpisah dengan dunia, menyakitkan. Merantau berpisah dengan orang tua, menyakitkan.

Perpisahan yang paling menyakitkan adalah ruh, iman meninggalkan jasad mu berpisah dengan jasad tapi engkau masih hidup.

Ketika ruh, iman itu keluar dari jasad mu, berpisah maka pada saat itu ibadah mu hanya gerakan-gerakan tubuh, lisan dan lidah saja, tak ada lagi ruh di dalamnya.

6. Apakah benar Allah swt tidak pernah melupakan orang yang terdzholimi?

Ustad abdul somad menjawab, iya benar inilah penjelasannya. Terkadang kalau kita di zholimi orang, kita mungkin emosi, marah, tersinggung, tapi ada satu cara dari syekh muhammad mutawalli asy sya'rawi bahwa kalau engkau dianiaya, di zholimi orang, jangan dendam, lihat dari jauh, engkau akan melihat apa yang akan terjadi.

Qadr sedang melakukan seleksi dalam perhitungan. Sebenarnya ALLAH swt sedang melalui takdirnya sedang menunda azab itu sedang menunda balasan, bukan berarti lali dan menyia-nyiakan jadi kalau nampak yang menzholimi hidupnya enak, nyaman, tentram, adem, sejuk.

Ingat! bukan berarti allah swt membiarkan,tapi azab sedang di tunda allah swt, Ingat yah! Di tunda bukan di berarti di lupakan.

7. Siapa itu orang yang beruntung? 

Orang yang beruntung adalah orang yang pertama sempat berbakti, menyenangkan, kedua orang tuanya, sebelum orang tuanya meninggal dunia dan yang kedua orang yang sempat ridho kepada allah swt. Seperti ridho dalam beribadah, ridho saat menerima apapun ujian dari allah swt sebelum di wafat atau berjumpa dengan allah ta'ala ini adalah kata dari syekh muhammad mutawalli sya'rawi yang disampaikan oleh ustad abdul somad.

8. Apa benar kalau akhirat itu sesungguhnya ada dan nyata? 

Jawaban : Intinya itu ada! Seperti kesimpulan penjelasan dari ustadz abdul somad yang dimana ada seseorang beragama atheis, yang bertanya mengenai akhirat bahwasanya, bagaimana perasaan mu jika engkaymu mati akhirat itu tidak ada, dan azab kubur itu tidak ada?

Kata atheis ini bertanya kepada syekh ahmad deedat lalu di jawab lah pertanyaan itu oleh syekh ahmad deedat dengan mengatakan, perasaanku tidak jauh lebih jelek dari pada perasaanmu, kalau ternyata setelah mati rupanya akhirat itu ada dan nyata.

9. Apa saja janji allah swt untuk orang-orang yang bertaqwa kepada allah swt? 

Jawaban dari ustadz abdul somad. lc,. Ma : Allah swt akan memberikan dia surga kepada orang-orang yang bertaqwa. Kalau seseorang sangat berusaha untuk dunia, maka dunia hanya akan memberikan sepotong tanah yang dimana nantinya tanah itu akan menjadi tempat di kuburnya jasadnya.

10. Bolehkah kita bersedih kepada sahabat yang tidak menepati janji? 

Jawabannya : Jangan! Pernah bersedih engkau yang berpisah dengan sahabatmu yang tak menepati janjinya, kalau memang sifat tidak ada yang menunaikan janji dalam dirinya. ini kata syekh sayyidina ali r a dalam penjelasan dari uas (ustad abdul somad).

11. Siapa orang yang paling cerdas dan berakal menurut imam syafa'i?

Ustad abdul somad menjawab dari pertanyaan tersebut. Dia yang lebih dulu meninggalkan dunia sebelum dunia meninggalkan dia. Dia yang lebih dulu menerangi kuburnya sebelum menempati makam alam kuburnya.

Dia yang lebih dulu ridho kepada allah swt sebelum ALLAH SWT ridho kepada dia.
Itulah orang yang cerdas dan berakal menurut kata imam muhammad bin idris asy-syafa'i .

12. Apa itu baik?
Apa itu buruk? 

Jawaban : Baik adalah budi perkerti, akhlak yang baik.
Sedangkan buruk adalah dosa yang tidak baik, dadamu terasa sempit dan engkau takut di lihat orang lain.

Akhlak yang baik itu seperti apa?
Ciri-cirinya, wajah cerah tidak berkerut, berbuat baik, semua orang mendapatkan kebaikan, menahan diri dari tidak menzholimi, menganiaya dan menyusahkan orang lain.
12 Pertanyaan dan jawaban bermakna serta penuh motivasi hidup dari ustadz abdul somad.lc,..ma

Dan itulah pertanyaan dan jawaban dari orang-orang yang bertanya keada ustadz abdul somad. lc,..Ma. Semoga kita mendapatkan hikmah dan motivasi hidup untuk lebih baik lagi menjalani kehidupan di dunia, serta dan semangat menjalankan perintah dan kewajiban dari allah swt, dan serta menjauhi larangannya.

Demikian dari pembahasan lengkapnya jangan lupa bagikan kepada keluarga, teman dan sahabat mu agar sama mendapatkan manfaatnya dan saya mohon maaf jika ada hal yang salah dalam penerbitan artikel ini, saya akhirin dengan ucapan terima kasih kepada kalian semua.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar