Mengenal pengertian roh dan hati.

Mengenal pengertian roh dan hati.
9 December 2019

Pengertian Roh

Roh memiliki makna  ialah suatu yang abstrak atau tidak bisa dilihat yang berada semayam di dalam rongga hati, yang mengalir ke dalam urat-urat pembuluh darah manusia. Ada pun mengalirnya tersebut membawa limpahan-limpahan cahaya kehidupan, perasaan, penglihatan, pendengaran, dan penciuman ke semua anggota tubuh.

Limpahan cahaya tersebut seperti di ibaratkan cahaya tersebut sedang bersinar di dalam ruangan yang dimana akan menyinari di sudut-sudut ruang tersebut.
Mengenal pengertian roh dan hati.

Roh adalah ibarat pelita atau lathifah yang bersifat abstrak.

Allah SWT berfirman:

وَيَسْــئَلُوْنَكَ عَنِ الرُّوْحِ ۗ قُلِ الرُّوْحُ مِنْ اَمْرِ رَبِّيْ وَمَاۤ اُوْتِيْتُمْ مِّنَ الْعِلْمِ اِلَّا قَلِيْلًا
wa yas`aluunaka 'anir-ruuh, qulir-ruuhu min amri robbii wa maaa uutiitum minal-'ilmi illaa qoliilaa

"Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang roh, katakanlah, Roh itu termasuk urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit."
(QS. Al-Isra' 17: Ayat 85)

Pengertian hati

Hati bisa juga di sebut Qalb atau kalbu yang dimana memiliki pengertian. Hati adalah sepotong daging yang berada terletak di bagian kiri dada manusia, didalam nya terdapat rongga yang berisi darah hitam dan di situ pulah terdapat sumber roh.

Disini saya bukan menguraikan tentang biologis hati, akan tetapi menjelaskan secara singkat saja mengenai hati.

Organ hati tidak hanya terdapat pada manusia saja, melainkan terdapat juga di makhluk lain yang ciptakan oleh Allah swt (tuhan).

Hati ada kaitannya dengan roh, Hati atau qalb atau kalbu merupakan sebuah lathifah (Sesuatu yang amat halus dan lembut, tak berupa dan tak dapat diraba).

Lathifha tersebut sesungguhnya jati diri manusia dan bagian komponen utama manusia yang berpontensi mengetahui dan mengenal yang ditunjukan kepada segalanya dalam pembicaraan dan pertanggung jawaban. Dengan begitu hati masih sangat erta kaitannya dengan biologis manusia.

Demikianlah pembahasan singkat ini, semoga bermanfaat menambah wawasan kalian semua, mohon maaf jika ada hal yang salah dalam artikel ini dan mohon di ingatkan saja yah. Terima kasih.

Baca juga: Apa itu naza dan sakaratul maut
Open Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020