Skip to main content

Rezeki berkah: berikut 4 tandanya yang harus diketahui

Berkah amatlah hal yang sangat di sukai manusia baik bermakna tentang karunia allah swt yang diberikan kepada umat nya serta menambahkan kebaikan.

Bahwasanya keberkahan rezeki tidak bisa di lihat dari banyak atau sedikitnya harta seperti rumah yang mewah, harta berlimpah bukan menjadi acuan berkahnya rezeki.

Catatan: Rezeki bukan hanya berbentuk materi tetapi juga bisa berbentuk dari kesehatan pada diri anda, ketenangan batin, keluarga yang sakinah, anak-anak yang sholeh adalah rezeki yang tak terhingga nilainya di mata manusia.
Rezeki berkah: berikut 4 tandanya yang harus diketahui

Harus yah mencari rezeki berkah?? 


Jawabanya ialah harus dong, karena keberkahan rezeki menentukan kualitas hidup seorang hamba. Melalui rezeki yang berkah kita mengharapkan keridhaan allah atas semua amal yang telah kita lakukan.

Sesungguhnya dengan ridha allah swt maka kualitas hidup seseorang hamba akan menjadi lebih baik, lebih tenang, lebih khusyuk dalam beribadah dan dicintai allah swt.

Baiklah berikut ini 4 tanda rezeki berkah yang harus anda ketahui.


1. Rezeki yang ia proleh hasil kerja keras akan mendapatkan ketenangan jiwa dan hati semakin dekat dengan allah swt. Bahwa rezeki yang berkah berasal dari kerja keras yang halal yang di ridhoi allah bukan yang di murkai serta di larang allah swt seperti menjual minuman keras, senjata api ilegal, korupsi, menjual barang ilegal dan haram (narkoba, hewan dan lain-lain).

Walapun banyak atau sediktinya hasil yang di peroleh sesungguhnya kita harus bersyukur serta rezeki yang kita peroleh semakin mendekatkan diri kita kepada allah swt dan semakin patuh terhadap perintah kewajibannya yang sudah di tulis di dalam al-qur'an serta kita takut melanggar larangannya yang sudah di tetapkan oleh allah swt.
Bacalah dengan baik serta pahami artinya berikut ini.
Allah SWT berfirman:

قُلْ لَّا يَسْتَوِى الْخَبِيْثُ وَا لطَّيِّبُ وَلَوْ اَعْجَبَكَ كَثْرَةُ الْخَبِيْثِ ۚ فَا تَّقُوا اللّٰهَ يٰۤاُ ولِى الْاَ لْبَا بِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ
qul laa yastawil-khobiisu wath-thoyyibu walau a'jabaka kasrotul khobiis, fattaqulloha yaaa ulil-albaabi la'allakum tuflihuun

"Katakanlah (Muhammad), Tidaklah sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya keburukan itu menarik hatimu, maka bertakwalah kepada Allah wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat, agar kamu beruntung."
(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 100)

2. Rezeki yang sudah ia bentuk akan membuat suatu hal yang bahagia serta harmonis serta akan di karunikan oleh allah swt anak-anak yang sholeh dan sholeha.

Ketahuilah jika kita mendapatkan rezeki dari cara yang haram akan berpengaruh pada kualitas sebuah keluarga seperti suami dan istri yang mudah bertengkar, anak yang sulit di atur, dan doa yang tak kunjung di kabulkan oleh allah swt di sebabkan dari harta yang haram yang di peroleh serta di konsumsi.

Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوْا مِنَ الطَّيِّبٰتِ وَا عْمَلُوْا صَا لِحًـا ۗ اِنِّيْ بِمَا تَعْمَلُوْنَ عَلِيْمٌ ۗ 
yaaa ayyuhar-rusulu kuluu minath-thoyyibaati wa'maluu shoolihaa, innii bimaa ta'maluuna 'aliim

"Allah berfirman, Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-Mu'minun 23: Ayat 51)


Allah SWT berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا کُلُوْا مِنْ طَيِّبٰتِ مَا رَزَقْنٰكُمْ وَا شْكُرُوْا لِلّٰهِ اِنْ کُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ
yaaa ayyuhallaziina aamanuu kuluu min thoyyibaati maa rozaqnaakum wasykuruu lillaahi ing kuntum iyyaahu ta'buduun

"Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 172)

Ingatlah! Bahwa rasullah saw pernah menceritakan perjalanan panjang saat ia bertemu dengan seseorang yang dimana rambutnya kusut, kemudian ia mengakat tanganya dan mengatakan: Wahai rabbku, wahai rabbku, sedangkan makananya haram,minumannya haram, pakainya haram, perutnya diisi dengan sesuatu yang haram, maka bagaimana kami mrngabulkan doanya?
(Hr. Muslim)

3. Rezeki yang ia dapatkan menganjak ia melakukan perbuatan amal sholeh seperti bersedekah, sholat dan lain-lain.

Tahukah kamu didalam rezeki yang berkah terdapat banyak kebaikan seperti mudah untuk bersedekah ke masjid, yatim piatu, fakir miskin dan lain sebagainya.

Mudah dalam menerima dan mengamalkan ilmu yang bermanfaat serta lamcar dalam segala urusan.

4. Rezeki yang berkah akan membuat ia mendapatkan senantiasa membuat dirinya merasa cukup dan bersyukur!. Jika ia mendapatkan rezeki dari hasil kerja yang haram akan membuat ia selalu merasa kurang selalu, dan semakin tamak dalam mengumpulkan hartanya.
Rezeki berkah: berikut 4 tandanya yang harus diketahui

Tahukah kamu jika seseorang mendapatkan penghasilan rezeki yang kecil namun ia selalu bersyukur sesungguhnya ia akan allah berikan hati yang lapang seperti tidak merasa kurang selalu dan selalu tercukupi.

Harta yang tidak berkah akan mendatangkan ketidaknyamanan pada pemiliknya, merasa tidak puas apa yang ia miliki. Selalu haus akan harta yang ia miliki, hartanya tidak memberikan manfaat sedikit pun, baik di dunia maupun di akhirat, dan kelak akan mengantarkannya kepada penyesalan yaitu neraka jahanam.

Demikianlah pembahasan kali ini semoga artikel ini membantu dan mohon maaf jika ada hal yang salah dalam penulisan, mohon di ingatkan saja jangan mencela!. Terima kasih.
Comment Policy: Tolong silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar