Skip to main content

Tips memperbaiki dan mencegah: Mobil mogok gara-gara alternator tidak bisa mengecas ke aki mobil

Baca Juga

Aduh gimana mobil yang saya gunakan mogok saat digunakan, adakah tips nya? 


Baiklah teman-teman kali ini saya akan membagikan tips untuk kalian yang mempunyai mobil. Tak jarang yang mempunyai mobil bingung mencegah atau memperbaiki mobil yang mereka pergunakan seketika mogok mendadak di jalan.
Tips memperbaiki dan mencegah: Mobil mogok gara-gara alternator tidak bisa mengecas ke aki mobil

Tidak mau lama-lama saya akan berikan tips langkah yang pertama untuk mencegah terjadinya mogok pada mobil khusus untuk yang rusak pada dinamo cas atau alternator ialah, perhatikan lampu indikator di dasbort mobil seperti gambar di bawah ini.

Ketika mesin sudah di hidupkan dan dikendarai, normalnya semua lampu indikator baterai di dasbort mobil itu harus mati, akan tetapi jika tidak mati lampu indikator nya berarti sudah ketemu faktor pertama terjadinya mogok pada mobil.

Langkah kedua ialah, periksa secara manual tanpa alat-alat khusus, agar kita tahu pada bagian mobil yang mengalami kerusakan. Seperti dibagian alternator nya.

Untuk mengecek alternator nya ialah lakukan penghidupan pada mobil dan lampu besar mobil serta nyalakan ac mobil. Jika sudah, lalu anda lepaskan kepala aki mobil bagian min seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah, maka jikalau bagian alternator pengecasannya bagus, saat di cabut harusnya masih hidup akan tetapi jika mati mesin mobilnya berarti sudah siap dinyatakan akan terjadinya mogok pada mobil yang anda miliki.

Untuk perbaikan mobil yang telah mogok, berikut ini tips singkatnya.

1. Lakukan pembongkaran mesin mobil bagian fanbell pada mobil. Seperti gambar di bawah ini.

2. Lepas terlebih dahulu kepala aki bagian minesnya menggunakan tangan saja seperti gambar di bawah ini.

3. Jika sudah, lanjut lepas semua baut menggunakan tangan, yang tertempel pada bagian alternator mobil.

4. Untuk tahap pembongkaran alternator nya, gunakan alat khusus kunci 8T dan obeng plus.

5. Buka semua baut pada mesin alternator mobil seperti gambar di bawah yang sudah selesai di bongkar menggunakan semua alat.

6. Hal yang sering terjadi mogok nya mobil ialah pada mesin alternator yang dimana sudah terjadi kerusakan dan sepatutnya harus di ganti dengan yang baru di dalam mesin alternator yang biasa di sebut karbon pras.

7. Jika sudah di ganti, maka tahap selanjutnya anda pasang karbon pras secara hati-hati dan menggunakan sedikit bantuan besi kecil ukuran lidi agar memudahkan saat masuknya karbon pras yang baru.

8. Ketika telah selesai, maka pasang kembali seperti sedia kala, kemudian cek lagi seperti sebelum anda perbaiki, jika sudah berbeda seperti lampu indikator baterai pada dasbort mobil yang ketika di matikan ia hidup, maka berhasil apa yang sudah anda lakukan.

Nah itulah tips yang saya berikan pada kalian yang setia pembaca blog dwana.

Demikianlah saya menuliskan artikel ini dari sumber terpercaya dan hasil menyimak langkah-langkah para pekerja bengkel yang memperbaiki mobil merek toyota grand avanza.

Semoga berhasil tips yang saya berikan dan mohon maaf jika ada hal yang salah dalam penulisan artikel ini serta saya ucapkan terima kasih kepada kalian semua.
Hallo Gaesz: Admin akan selalu update artikel terbaru. Maka dari itu anda jangan bosan-bosan hadir membaca/download, di situs blog ini yah (Jadilah user pembaca yang baik) "I Love You All".
Buka Komentar
Tutup Komentar