Ustadz adi hidayat: Tips khusyuk dalam sholat dan kisah nyata orang sebelum wafat

Ustadz adi hidayat: Tips khusyuk dalam sholat dan kisah nyata orang sebelum wafat
23 December 2019
Sholat menjadi kewajiban bagi seluruh umat muslim di dunia, ada yang kebingungan dalam melaksanakan sholat. Seperti tidak khusyuk dalam melaksanakan sholat yang dimana, piikiran-pikiran di dalam diri sebagian manusia, membayangkan hal-hal aneh di luar sholat.

Khusyuk merupakan suatu tindakan yang fokus dalam melakukan sesuatu hal yang baik, seperti sholat. Baik saat melaksanakan sholat wajib maupun sunnah.
Ustadz adi hidayat: Tips khusyuk dalam sholat dan kisah nyata orang sebelum wafat

Dan kini saya akan membagikan tips khusyuk dalam melaksanakan sholat dari ustadz adi hidayat, yang dimana saya tulis ini, dari hasil menyimak kajian dakwah/ceramah ustadz adi hidayat di chanel-chanel youtube.

Ustadz adi hidayat : Tips khusyuk dalam sholat sudah ada diberikan oleh allah swt dalam al-quran surah al-baqarah ayat 45-46.


Allah SWT berfirman:

وَا سْتَعِيْنُوْا بِا لصَّبْرِ وَا لصَّلٰوةِ ۗ وَاِ نَّهَا لَكَبِيْرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ ۙ 
wasta'iinuu bish-shobri wash-sholaah, wa innahaa lakabiirotun illaa 'alal-khoosyi'iin

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 45)

الَّذِيْنَ يَظُنُّوْنَ اَنَّهُمْ مُّلٰقُوْا رَبِّهِمْ وَاَ نَّهُمْ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ
allaziina yazhunnuuna annahum mulaaquu robbihim wa annahum ilaihi rooji'uun

"(yaitu) mereka yang yakin bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 46)

Penjelasannya, jika anda mendapatkan persoalan masalah dalam hidup, bersabarlah. Karna masalah dalam hidupmu bukan hanya anda yang mengalaminya, banyak manusia mengalaminya. Bahkan nabi pun mengalami persoalan masalah dalam hidup di dunia.

Seperti anda mengalami persoalan masalah hidup dalam sakit, nabi ayub pun sakit, anda mengalami lemparan hinaan dan caci maki, nabi muhammad di lempari batu.

Jadi jika banyak persoalan masalah dalam hidup mu, bersabarlah!

Nabi banyak mengalami persoalan hidup aja bersabar, masa kita manusia nggak bisa bersabar dalam menghadapi dan menyelesaikan persoalan masalah hidup.

Lalu mintalah solusi dalam sholat, jangan di pendamkan dalam jiwa mu, nanti jadi penyakit. Curhatkan kepada allah swt bukan kepada manusia karna manusia sering mengikari dan tak bisa di percaya dalam menyelesaikan apa pun.

"Ingat! Curhat terbaik itu, curhat kepada Allah swt, karna allah bisa menyelesaikan persoalan masalah dalam hidup kita, yakinlah! ".

~ Orang yang ingin khusyuk dalam menunaikan ibadah sholat, ia harus menyiapkan persiapan sebelum melaksanakan sholat.

Jadi khsuyuk itu tahap pertamanya sah sholat adalah sebelum sholat. Ada 4 ciri pertamanya.

1. Dia masih ingat, punya kerinduan ingin sholat. Jadi ada rasa dan ingat, tentang sholat seperti aduh kayaknya bentar lagi mau masuk melaksanakan sholat subhu.

Jika anda sudah pernah melakukan hal tersebut, maka anda mendapatkan hal pertama dalam kekhusyukan sholat.

"Jadi berbahagialah kalian jika masih ada kerinduan dan ingat ingin menunaikan ibadah sholat"

2. Kata allah : Dia menyiapkan pertemuan dengan ku.

ALLAH SWT mengundang kita sebanyak 5 kali dalam sehari itu untuk memudahkan kita dalam menyelesaikan masalah dan menambah amal ibadah kita. Orang yang mengundang kita dalam pertemuan belum tentu bisa menyelesaikan persoalan masalah di hidup kita, dan allah swt sebelum kita menghadap pertemuan dengannya allah swt menanyakan dan meminta, kamu ada masalah apa?

Ayo mintakan padaku, engkau butuh aku berikan, engkau sakit aku sembuhkan, engkau ingin rezeki aku penuhi. Jadi anda bayangkan, siapa yang bisa mengundang kita sebanyak 5 kali setiap hari, kalau bukan allah swt.

So, kalau kita di undang allah swt dalam pertemuan nya sebanyak 5 kali, usahakan dalam hidup kita, gunakan pakaian terbaik yang kita miliki.

Allah SWT berfirman:

يٰبَنِيْۤ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَا شْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْا ۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ
yaa baniii aadama khuzuu ziinatakum 'inda kulli masjidiw wa kuluu wasyrobuu wa laa tusrifuu, innahuu laa yuhibbul-musrifiin

"Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan."
(QS. Al-A'raf 7: Ayat 31)

Jadi ternyata penampilan itu cara kedua untuk mendapatkan ke khusyukan. Pasti beda kan kalau anda mengenakan pakaian biasa yang tak terbaik misal hasil dari korupsi, kotor, lecek, dan bau dengan baju terbaik hasil dari kerja keras yang halal, wangi, bersih dan rapi, pastinya pakaian terbaik itu kamu mendapatkan ke khsuyuk an dalam sholat mu.

3. Bisa jadi itu sholat terakhir yang kamu laksanakan.

Jadi jika engkau mau sholat khusyuk, rasakan bahwa itu sholat terakhir yang kamu kerjakan sebelum engkau berpulang menghadap allah swt.

Karna itu imam mengatakan, shollu sholatan mawaddah : "Sholat lah teman-teman seperti hal nya sholat terakhir yang kamu kerjakan dalam hidup".

Ingat!

Yang paling indah ialah di saat kita sujud mengerjakan sholat, disitulah maut menjemput.

Kita semua nggak tahu kapan kita wafat, maka dari itu setiap kita mengerjakan sholat bayangkan itu yang terakhir kali nya kita laksanakan.

Dan biasanya orang-orang sholeh sebelum meninggal selalu di berikan petunjuk oleh allah swt.

Allah SWT berfirman:

كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَاِ نَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّا رِ وَاُ دْخِلَ الْجَـنَّةَ فَقَدْ فَا زَ  ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۤ اِلَّا مَتَا عُ الْغُرُوْرِ
kullu nafsin zaaa`iqotul mauut, wa innamaa tuwaffauna ujuurokum yaumal-qiyaamah, fa man zuhziha 'anin-naari wa udkhilal-jannata fa qod faaz, wa mal-hayaatud-dun-yaaa illaa mataa'ul-ghuruur

"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya."
(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 185)

"kullu nafsin zaaa`iqotul mauut, Setiap yang bernyawa akan merasakan mati, tapi tidak setiap orang yang akan merasakan maut tidak ada persiapan menghadapi maut".

Kisah seseorang sebelum wafat dari ustadz adi hidayat.


Namanya pak maliki, punya istri cantik dan sholeha, tinggal nya di tempat daerah dan sekarang berkerja sebagai petani.

Punya anak yang dulu kuliah sekarang memutuskan berhenti kuliah yag dimana untuk berbakti dan kesembuhan ibunya dari penyakit diabetes. Penyakit diabetes yang dialami ibunya, sudah banyak berpengaruh banyak di tubuhnya seperti, mata sudah nggak bisa melihat dengan jelas dan pendengaran mulai nggak bisa mendengar baik serta gigi mulai copot satu persatu.

Istri dari pak maliki ini, tidak pernah mendengar kajian sampai ke telinga beliau kecuali pasti meminta suaminya untuk diantar/digendong ke majelis taklim.

Walaupun keadaan sulit, istrinya meminta di gendong, "pak tolong antarkan saya".

Ustadz adi hidayat saat ada di tripoli, di telpon oleh pak maliki dengan mengkabarkan hal baik tentang istri nya yang sembuh dari penyakit diabetes tersebut dengan tak terduga. Bisa melihat lebih jelas kembali, berjalan lancar, dan mendengar suara lebih baik sebelum nya.

Dalam kesembuhan ibu dari istri pak maliki, ia ke kamarnya, membuka lemari pakaian yang ia miliki. Lalu mengenakanlah ibu tersebut dengan pakaian terbaik yang ia punya kemudian masuk keruang tengah rumah.

Memanggil anak-anaknya serta suaminya berkumpul, "anak-anak ku sini".

Kaget anak-anaknya dan suaminya, melihat hal yang dilakukan ibunya. Kemudian ibu itu meminta di bikinkan susu hangat, lalu meminta anak-anaknya membaca al-quran.

Saat mereka membaca al-qur'an, masih terselip heran dan menikmati bacaan al-quran, tiba-tiba tangan dari ibu saat memegang tangan anak dan suaminya menjadi kaku.

Ternyata saat dibacakan al-quran tersebut, beliau sudah pulang menghadap kepada allah swt.

Kesimpulan

Wafat dengan dibuatkan segelas air susu yang dibuatkan oleh anak yang di susukannya, dan wafat di antarkan bacaan ayat-ayat al-qur'an pada anak yang di didiknya.

Dan wafat dengan pakaian terbaik, yang paling halal ia miliki, untuk menghadap kepada ALLAH SWT.

Karna itu allah sudah mengatakan, maka pakailah pakaian terbaik mu yang kamu miliki secara halal.

Karena itu mungkin itu yang terakhir engkau pakai saat meninggalkan dunia.

4. Berusaha memahami apa yang kita bacakan dalam sholat.

Supaya pikiran kita saat sholat tak liar Kemana-mana. Allah SWT berfirman:

اُتْلُ مَاۤ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَ قِمِ الصَّلٰوةَ    ۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَا لْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ   ۗ وَا للّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ
utlu maaa uuhiya ilaika minal-kitaabi wa aqimish-sholaah, innash-sholaata tan-haa 'anil-fahsyaaa`i wal-mungkar, walazikrullohi akbar, wallohu ya'lamu maa tashna'uun

"Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."
(QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 45)

"Kalau pikiran kita otomatis menerjemahkan bacaan-bacaan sholat, maka otomatis pula pikiran kalian tak liar".
Sumber gambar: Twitter/internet

Demikian pembahasan mengenai Tips khusyuk dalam sholat dan kisah nyata orang sebelum wafat dari ustadz adi hidayat . Semoga kita semua menjadi lebih baik dari sebelumnya dan teruslah meningkatkan taqwa kita kepada allah swt.

Terima kasih jika sudah membaca sampai selesai dan mohon maaf jika ada dalam artikel ini ada kekurangan dalam ejaan. Jangan lupa bagikan di sosmed yang kalian miliki agar mendapatkan pahala dari isi artikel ini.
Open Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020