Mengenal KHASIAT Surah Al-Fatihah (ustadz labib mz)

Mengenal KHASIAT Surah Al-Fatihah (ustadz labib mz)
10 February 2020
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh sobat, apa kabar kalian semua semoga sehat selalu yah dan masih berada dalam perlindungan ALLAH SAW. Baiklah untuk kalian yang sebelumnya belum mengetahui apa saja khasiat surah al-Fatihah.

Kini saya akan memberikan penjelasan nya secara lengkap yang dimana saya mendapatkan ilmu dari seorang ustadz labib mz. Saya bersyukur banget mendapatkan ilmu baru tentang agama islam.
KHASIAT Surah Al-Fatihah
Sumber Gambar : Canva.com

Kini untuk kalian silahkan membaca hingga habis mengenai khasiat surah al-fatihah agar lengkap semua ilmu yang kalian dapat dari situs blog ku ini.

Khasiat surat al-fatihah

Telah disebutkan dalam riwayat Imam Thabaroni dari Ubay bin ka'ab r.a. , bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman di dalam Hadits Qudsiy (yang artinya) : "wahai anak Adam aku telah menurunkan kepadamu 7 ayat yakni surah Al Fatihah. Tiga di antaranya untuk ku, tiga lagi untukmu, sedang yang satu untuk kita bersama.
KHASIAT Surah Al-Fatihah

Adapun yang tiga untuk ku itu ialah : "Alhamdulillahirobbil alamin". "arrohmanirrohim". Maliki yaumiddin. Yang satu untuk kita bersama ialah :
"iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin". Dari pihakmu melakukan ibadah sedang dari pihak bank memberikan pertolongan.

Adapun yang khusus untuk mu ialah : "ihdinash-shiroothol-mustaqiim. shiroothollaziina an'amta 'alaihim ghoiril-maghdhuubi 'alaihim wa ladh-dhooolliin".

Hadits Qudsi di atas Allah subhanallahu Wa Ta'ala telah menjelaskan kepada nabi Muhammad SAW tentang diturunkannya surah al-fatihah yang terdiri dari 7 ayat. Diantara 7 ayat itu ada tiga ayat yang khusus bagi Allah semata, yaitu berupa pujian yang tidak boleh disekutui oleh hamba-nya. Barang siapa yang menyekutui-Nya, maka berarti hamba itu yang dianggap telah merampas hak-hak khususnya, yang berarti ia telah durhaka kepadanya.

Pujian dan Sanjungan hanyalah khusus bagi Allah subhanallahu Wa Ta'ala semata. Apabila si hamba ingin dipuji dan disanjung, maka ia telah berbuat riya'.

Alam semesta ini adalah milik Allah. Apabila ada seorang hamba yang hendak berkuasa penuh pada satu bagian dari alam ini, maka berarti ia telah menyekutukan nya. Kita boleh menggunakan hak miliknya, tetapi harus menuruti garis-garis yang telah ditentukan olehnya.

Ar Rahman dan Ar Rohim adalah nama yang khusus bagi Allah semata. Kalaupun ada seorang hamba yang menamakan dirinya ar rahman/ar rohim, maka berarti ia telah menyekutukan-Nya dalam sifat nya.

Kita boleh memberi nama Ar Rahman atau ar-rahim, tetapi harus Abdur rohman atau Abdur rohim sebab ar-rahman dan ar-rohim adalah dua namanya dari sederetan nama-namanya yang husna (Al asmaul husna) yang ke 99 nama.

Maliki yaumiddin adalah ayat yang menunjukkan sifat yang khusus bagi Allah Wa ta'ala. Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in adalah ayat yang mengandung dua aspek. Dari satu pihak bagi hamba Allah yaitu melaksanakan ibadah kepada-nya dan memohon pertolongan-nya, dan di pihak lainnya dialah yang berhak menerima ibadah dan memberikan pertolongan kepada hamba-Nya.

Adapun ayat "ihdinash-shiroothol-mustaqiim. shiroothollaziina an'amta 'alaihim ghoiril-maghdhuubi 'alaihim wa ladh-dhooolliin", adalah untuk kita bersama. Karena itu kita berhak meminta kepada Allah akan hal-hal yang membawa kebahagiaan hidup didunia dan di akhirat. Sebagaimana yang terlukis dalam ayat tersebut.

Selanjutnya setelah membaca surah Al-Fatihah kita baca dzikir sebagai berikut.

وَاِ لٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّا حِدٌ ۚ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ
"wa ilaahukum ilaahuw waahid, laaa ilaaha illaa huwar-rohmaanur-rohiim"
Artinya :
"Dan Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 163)

Keterangan : Kalimat tersebut adalah Firman Allah yang terdapat dalam surat al-baqarah ayat 163. Di mana nabi pernah bersabda kepada Ibnu Mas'ud, "sekiranya orang mau membacanya dengan penuh keyakinan dan berdiri di atas bukit niscaya hancurlah bukit itu".

Setelah membaca ayat di atas lalu membaca ayat kursi sebagai berikut :

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَـيُّ الْقَيُّوْمُ ۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ ۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗۤ اِلَّا بِاِ ذْنِهٖ ۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضَ ۚ وَلَا يَــئُوْدُهٗ حِفْظُهُمَا ۚ وَ هُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
allohu laaa ilaaha illaa huw, al-hayyul-qoyyuum, laa ta`khuzuhuu sinatuw wa laa na`uum, lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ardh, man zallazii yasyfa'u 'indahuuu illaa bi`iznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai`im min 'ilmihiii illaa bimaa syaaa`, wasi'a kursiyyuhus-samaawaati wal-ardh, wa laa ya`uuduhuu hifzhuhumaa, wa huwal-'aliyyul-'azhiim

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 255)

Penutup

Itulah hal yang bisa saya tulis di dalam artikel ini mengenai khasiat surah al-fatiha dari seorang ust. labib mz. Jika masih banyak kekurangan mohon maaf dari saya dan kepada Allah Swt saya mohon ampun. Terima kasih kalian yang sudah membaca.
Open Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copyright © 2020