Skip to main content

Ukuran LAPANG SEPAK BOLA INTERNASIONAL, Penting kalian ketahui

Baca Juga

Ukuran LAPANG SEPAK BOLA INTERNASIONAL, Penting kalian ketahui

Halo sobat, untuk kalian yang suka olah raga pastinya sudah tidak asing dengan jenis olah raga yang satu ini. Olahraga sepak bola merupakan olahraga yang selalu menjadi hal yang sangat menarik untuk diperbincangkan entah itu sepak bola nasional maupun internasional. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer di dunia. Karena permainan sepak bola ini dapat dilakukan dan dinikmati oleh siapa saja baik anak – anak maupun orang dewasa.
Lapangan permainan sepak bola (football field) atau biasa disebut dengan lapangan hijau adalah permukaan tanah yang lapang untuk melakukan permainan sepak bola. Namun apakah Anda telah mengetahui ukuran lapangan sepak bola internasional? Apakah perbedaan atau persamaan dari keduanya?
Seperti yang diketahui bahwa lapangan sepak bola umumnya ditanami rumput alami atau rumput buatan/sintetis. Permainan sepak bola ini juga memiliki peraturan dan ketentuan tersendiri. Jumlah pemain setiap regunya adalah 11 orang, satu orang menjadi kiper dan 10 orang lainnya merupakan pemain.
Ukuran LAPANG SEPAK BOLA INTERNASIONAL, Penting kalian ketahui

Mengetahui perbedaan ukuran lapangan sepak bola internasional merupakan suatu wawasan tambahan yang dapat memberikan pengetahuan lebih untuk Anda. Berikut perbedaan ukuran lapangan sepak bola!
  • Ukuran lapangan sepak bola standar FIFA
  • Panjang: 90 – 120 meter
  • Lebar: 45 – 90 meter
  • Lingkaran Tengah: radius 9,5 meter
  • Panjang Kotak Penalti: 40 meter
  • Lebar Kotak Penalti: 16,5 meter
  • Jarak Tendangan Penalti: 11 meter
  • Panjang Area Gawang: 18,32 meter
  • Lebar Area Gawang: 5,5 meter
  • Tinggi Gawang: 2,4 meter
  • Lebar Gawang: 7,3 meter.

  • Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Nasional
Pertandingan yang diadakan di dalam negeri menggunakan ukuran lapangan standar nasional. Lapangan yang digunakan dalam pertandingan ini biasanya memiliki ukuran sedikit lebih sempit jika dibandingkan dengan ukuran lapangan sepak bola internasional. Ukuran panjang lapangan standar nasional yang digunakan antara 90 meter sampai 120 meter untuk panjang dan lebar yang harus memenuhi yaitu antara 45 meter sampai 90 meter.  
Ukuran tersebut merupakan ketentuan yang berlaku sejak lama. Secara rinci lapangan nasional memiliki ukuran sebagai berikut:
– Ukuran 9,15 meter digunakan untuk ukuran lingkaran tengah lapang
– Ukuran kotak kiper yaitu 18. 30 m x 5,5 m
– Kotak pinalti tepat di depan gawang memiliki ukuran 40,3 m x 16,5 m.
Ukuran LAPANG SEPAK BOLA INTERNASIONAL, Penting kalian ketahui

Lapangan standar internasional tentu memiliki ukuran yang sedikit lebih luas jika dibandingkan dengan lapangan standar nasional. Hal ini karena permainan pada skala ini dibuat lebih menantang dengan ukuran lapang yang luas. Kriteria ukuran lapangan sepak bola internasional adalah sebagai berikut:
– Ukuran panjang lapang yang memenuhi kriteria yaitu 100 meter hingga 110 meter dengan lebar antara 64 meter hingga 75 meter
– Ukuran gawang atau kotak kiper yaitu tinggi sekitar 2,44 meter dan lebar 7,32 meter
– Untuk ukuran kotak pinalti sama dengan lapangan standar nasional.
Pertandingan sepak bola adalah salah satu pertandingan yang spektakuler tiap tahunnya, maka dari itu selain menyaksikan pertandingannya yang menarik alangkah lebih baik lagi jika mengetahui ukuran lapangan tempat bermain sepak bola.
Ukuran lapangan sepak bola internasional dan nasional yang telah disajikan di atas merupakan informasi penting yang dibutuhkan oleh sebagian orang seperti para pelajar dan olahragawan lainnya dan kemungkinan anda harus penting mengetahui hal itu. Dengan adanya informasi ini diharapkan setidaknya dapat lebih menambah pengetahuan  dan membuka wawasan Anda mengenai pertandingan sepak bola lebih dekat lagi. Terima kasih untuk kalian yang sudah membaca, semoga setia selalu membaca santuy di situs blog dwana post ku ini.

Sumber artikel : https://www.masfredayfootball.net/2019/09/ukuran-lapangan-sepak-bola-internasional.html?m=1
Hallo Gaesz: Admin akan selalu update artikel terbaru. Maka dari itu anda jangan bosan-bosan hadir membaca/download, di situs blog ini yah (Jadilah user pembaca yang baik) "I Love You All".
Buka Komentar
Tutup Komentar