Cara Download Roms Game PSP di Android

Cara Download Roms Game PSP di Android

Cara Download Roms Game PSP di Android. Hallo sobat, Ini adalah langkah yang harus kamu lakukan agar bisa memainkan Game PSP di android yang mana sebelumnya kamu harus menginstall terlebih dahulu emulator PPSSPP sebagai syarat utama agar Roms game ini bisa bekerja, Cobalah baca panduan sebelumnya.
Cara Download Roms Game PSP di Android

Kamu bisa mendapatkan Roms Game PSP secara gratis langsung dari situs https://www.romulation.org/roms/PSP ; Pada halaman tersebut kamu bisa memilih satu atau bebetapa jenis game.

Manfaatkan kolom pencarian untuk mencari games console sesuai keinginan dan cara download game di Romulation adalah : 

1. Kunjungi situs https://www.romulation.org/roms/PSP
2. Lakukan pencarian Game PSP, disini saya mencotohkan Game "God of War - Ghost of Sparta (U)(M3)(pSyPSP).7z" 
3. untuk men-download game tersebut bisa langsung tekan Download

Pada situs diatas, kamu juga bisa menggilter game berdasarkan negara yang nantinya juga akan berpengaruh pada bahasa yang ada pada game psp tersebut. 

Nah setelah berhasil di Download maka ada langkah yang harus kamu lakukan agar game tersebut bisa dimainkan yaitu mengekstrak roms game tersebut.

Poin pertama yang harus di perhatikan adalah file yang kamu download pastikan berextensi .iso', Contohnya adalah God of War - Ghost of Sparta.iso

Format tersebut adalah bawaan dari game itu sendiri yang artinya kamu tidak bisa merubah extensi atau nama dari game tersebut secara mandiri.

Contoh format game yang sering ditemukan adalah  (U)(pSyPSP).7z lalu kamu merubahnya menjadi usa.iso "ini tidak akan bekerja".

Apa yang akan terjadi jika memanipulasi format game tersebut ? Masalah yang umum terjadi adalah adanya Roms Error ketika dijalankan melalui emulator PPSSPP.

Terkadang ada pula Roms game yang sudah di pakking file / Kompres ke dalam berbagai format seperti  *.rar *.zip *.7z "Contoh Warior sparta.rar / Warior sparta.zip dll.

Apabila kamu mendapati roms dengan format tersebut maka wajib melakukan extrak file terlebih dahulu dengan bantuan sebuah aplikasi extrak file yang bisa kamu install terlebih dahulu lewat Google Play store. Tujuanya adalah supaya file berubah menjadi disk image dan dengan begitu sistem emulator PPSSPP dapat membaca roms tersebut.

Perlu kalian ketahui, Seorang ahli developer memang sengaja mengompress file tersbut untuk mengurangi kapasitas ukuran yang mana ketika file tersebut di kompress maka ukuranya akan menjadi lebih kecil sari ukuran format roms game aslinya, Hal ini pula bertujuan agar pengguna mudah dan cepat ketika mengunduh file tersebut.

Nah rekomendasi Aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengekstrak file yang terkompress tersebut adalah Rar yang bisa kamu install melalui alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rarlab.rar ', Silahkan kamu install dan pasang pada perangkat android yang kamu gunakan.

Apabila Aplikasi rar sudah terpasang maka bisa langsung melakukan pengekstrakan pada file roms Game PSP tersebut dengan cara :


1. Buka aplikasi Rar
2. Cari Roms game yang sudah kamu download sebelumnya. apabila kamu mengunduh roms menggunakan browser Crome maka biasanya file berada pada Folder download (/storage/InternalStorage/Download)
3. Beri ceklist pada file tersebut kemudian extrak file
4. Setelah proses Extrak behasil maka kamu akan menemukan file berakhiran .iso , Silahkan kamu pindahkan file tersebut ke folder yang mudah di cari kemudian klik simpan

Semua langkah sudah berhasil  di lakukan sehingga seharusnya kamu bisa memainkan Game Psp yang sudah kamu download sebelumnya dengan bantuan Emulator. Silahkan baca bab Selanjutnya .....